Pemilu dan Pilkada

147 Cakades Tes Tertulis, Wabub Jeneponto Sebut Kades Harus Mampu Berinovasi

JENEPONTO, HAKSUARA.COM – Para Calon Kepala Desa (Cakades) Kabupaten Jeneponto memgikuti seleksi tes tertulis oleh panitia Pilkades Dinas PMD Kabupaten. Sebanyak 147 Cakades turut serta dengan 32 Desa yang ikut Pilkades serentak Tahun 2019, di ruang Pangranuanta, Kantor bupati Jeneponto, Kamis (19/9/2019).

Seleksi ini memgusung tema ‘Selektif yang Kompetatif Menghasilkan Kepala Desa yang Handal dan Berkemajuan’.

Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir, Kepala Dinas Permusyarakat Masyarakat Desa (DPMD) Abd Makmur hadir pada seleksi ini.

Para Cakades mengenakan seragam hitam putih lengkap dengan kopiah terlihat tenang mengikuti tes tertulis dengan pegawalan Para Panitia Pilkades.

147 Cakades ini terdiri dari 143 laki – laki dan 4 perempuan. Mereka berasal dari 32 Desa 9 Kecamatan yang Pilkades serentak di Jeneponto 4 Nopember 2019 mendatang.

Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir dalam sambutanya mengucapkan selamat kepada para Cakades yang ikut tes tertulis hari. Kata dia, untuk menjadi seorang kepala desa harus memiliki niat yang tulus membangun desa dan mampu mengelolah berbagai permasalahan didesa agar dapat memberikan pelayanan yang cepat dan mudah bagi warganya.

“Ini merupakan ujian agar para calon kepala desa mampu berinovasi dan kreatif dalam menyiapkan sarana dan prasarana di desa menyiapkan jaringan komunikasi dan informasi yang dibutuhkan oleh lapisan masyarakat hingga dipelosok pedesaan,” kata eks Wakil Ketua DPRD Jeneponto ini.

Lebih lanjut, Ketua DPC Partai Gerindra ini mengatakan, selain kemampuan kepala desa untuk menciptakan Inovasi desa, dia juga berharap para kepala desa menentukan skala prioritas pembanguanan infrastruktur jalan di desa yang mana paling diutamakan dengan manfaat yang besar.

“Dengan adanya infrastruktur jalan di desa, manfaat sangat besar untuk menopang kelancaran perekonomian yang ada di desa dengan melibatkan BPD dan stekholder yang ada didesa,” kata dia.

Sementara itu, Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Abd Makmur menjelaskan, tujuan pelaksanaan pembukaan tes ujian calon kepala desa serentak 2019 Kabupaten Jeneponto.

“Tujuan agar para pemimpin didesa mempunyai kualitas SDM yang benar-benar bisa memimpin masyarakat di desanya. Kemudian mengedepankan kepentingan masyarakat, bukan pribadinya dan harus handal, bersih serta jujur,” kata Abd Makmur. (*)

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.