Umum

2 Peserta Alumni STIK Famika Lolos Test TKD Seleksi CPNS di Kota Manggarai

Manggarai, Omalee! News – Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIK) Famika Makassar, DR. Yudit Patiku, S.Si., S.Kep., Ns. M.Kes menyebutkan bahwa pelaksanaan seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD) seleksi CPNS sangatlah sulit, namun Syukur Alhamdulillah di Kota Manggarai Senin (12/11), ada 2 peserta lulusan STIK FAMIKA Makassar yang lulus.

“Saya bersyukur ada 2 dari sekian banyak peserta pada sesi pertama di Manggarai yang lulus Tes Kompetensi Dasar, malah tadi saya khawatir tidak ada yang lulus. Alhamdulillah, mudah-mudahan tiap sesi ada yang lulus, dan keinginan kita, banyak yang lulus nantinya,” DR. Yudit Patiku, S.Si., S.Kep., Ns. M.Kes saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (12/11) pagi.

Dikatakan DR. Yudit Patiku, S.Si., S.Kep., Ns. M.Kes, pada seleksi CPNS tahun ini, di beberapa daerah banyak yang mendapatkan hasil kurang baik. Untuk itu, dia berpesan kepada peserta seleksi CPNS khususnya Alumni STIK Famika di berbagai kabupaten di Indoensia agar mempersiapkan diri dengan semaksimal mungkin.

“Kita sebelumnya sudah sering meminta mereka (pen. peserta CPNS) belajar maksimal, mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Kita sudah tahu, begitu sulitnya untuk lulus dengan sistem CAT (Computer Assisted Test), dan ini tidak hanya terjadi di Manggarai saja, tetapi hampir di setiap daerah di Indonesia mengalami kesulitan dalam tes ini,” kata DR. Yudit Patiku, S.Si., S.Kep., Ns. M.Kes.

Beliau juga mengatakan, 2 peserta yang dinyatakan lulus seleksi TKD di Manggarai adalah peserta yang memenuhi ketentuan Nilai Ambang Batas (passing grade) yang sudah ditetapkan oleh Kemenpan RB.

“Peserta yang lolos seleksi TKD sesi pertama hari ini tadi khususnya lulusan STIK Famika di Manggarai, atas nama Ns. Bonefasius Nerabeang, S.Kep dan Ns. Ferdian, S.Kep. Keduanya memenuhi passing grade yang sudah ditetapkan, dimana nilai TKW 75, TIU 80 dan TKP 143,” jelasnya.

Sementara itu, Ns. Bonefasius Nerabeang, S.Kep, asal Terepcibal juga alumni Stik Famika, salah satu peserta seleksi CPNS Manggarai  yang dinyatakan lulus tes CAT sesi pertama hari ini mengatakan bahwa soal-soal TKD tersebut dirasakannya sedikit sulit, apalagi dalam pengerjaannya hanya diberikan waktu selama 90 menit. Namun, dia pun mengucapkan syukur, setelah mengetahui dirinya dinyatakan lulus dalam TKD ini.

“Ada 4 orang lulusan stik famika yang memimpin nilai ter atas pada Test TKD di Manggarai ini, dan mudah-mudahan semuanya lolos pada sesi kedua test TKD yang akan di laksanakan besok tgl 13 Nopember 2018, Ungkap Bonefasius Nerabeang dengan penuh harap sambil berdoa”

“Persiapannya belajar sih, dan itu gak sehari, tiap hari saya belajarnya, sumber soalnya dari internet, download terus juga ada contoh soal dari teman yang lulus tes CPNS, juga dikasih. Memang agak sulit sih soalnya tadi, waktu yang begitu sedikit, itu juga yang membuat ketar-ketir mengerjakannya,” ujar Bonefasius Nerabeang yang mengaku baru pertama kali mengikuti tes CPNS.

Hal sama dikatakan peserta seleksi CPNS Manggarai Timur asal Cuncalawar  lulusan STIK Famika  yang juga dinyatakan lulus tes CAT sesi pertama hari ini, Ns. Katarina Senudin, S.Kep  menurutnya soal-soal tes tersebut juga dirasakan cukup sulit. Namun, berbekal dari latihannya mengerjakan soa-soal di buku, berbagai sumber online dan juga mengikuti simulasi CAT dari BKN, itu sangat membantunya dalam mengerjakan soal TKD tersebut.

“Persiapan saya dalam melakukan tes ini banyak melakukan latihan soal. Saya lakukan melalui buku cetak, kemudian simulasi CAT dari BKN dan juga beberapa sumber online. Ini (pen. soal TKD) sulit, tapi Puji Tuhan, soal-soalnya sudah bisa dipelajari di internet walaupun tidak sama persis, tapi tips dan triknya, Insyaallah sudah bisa didapat,” ujar Ns. Katarina Senudin, S.Kep menutup pembicaraan (Red/)

 

Previous ArticleNext Article

6 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.