oleh

27 Orang Panwascam di Lantik

-Tak Berkategori-1 views

Muara Teweh. Hak Suara.
Sebanyak 27 orang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Barito Utara (Barut) dilantik oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Barut H. Alamsyah di aula Bappeda Litbang Muara Teweh, Minggu (22/12/2019).

Kegiatan pelantikan Panwascam untuk sembilan (9) kecamatan se-Barut ini di hadiri dan disaksikan langsung oleh Bupati Barut H. Nadalsyah, Sekda Jainal Abidin, Kapolres Barut AKBP Dodo Hendro Kusuma, Dandim 1013/Mtw Letkol Inf. Yusan Riawan serta beberapa perwakilan dari sejumlah Partai politik dan undangan lainnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Barut H. Alamsyah SH, usai melantik 27 Panwascam mengatakan, sangat penting keberadaan Panwascam dalam pengawasan pemilu karena posisi nya adalah ujung tombak terselenggara pemilu yang demokratis, jujur adil dan transparan.

Apalagi dengan diakuinya fakta integritas maka secara sah Panwascam mengetahui kedudukannya dalam pemilu terutama menghadapi pemilu Kepala Daerah dalam hal ini pemilihan Gubernur dan wakil gubernur pada tahun 2020 mendatang.

“Netralitas dan integritas seorang pengawas pemilu sangat dibutuhkan serta dengan bercermin pada penyelenggaraan pemilu legislatif dan presiden maka posisi Panwascam menjadi sangat penting dalam menjaga dan melindungi hak suara masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut, Ia mengharapkan agar kinerja dan disiplin Panwascam dapat ditingkatkan dan terus berkoordinasi dengan pihak pihak terkait dalam membantu penyelenggaraan pemilu demi tercapai nya pemilu yang damai dan tenteram.

Sementara Bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam sambutan nya mengungkapkan bahwa posisi Panwascam sangat penting dan strategis karena lebih mengenal dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.
Oleh karena itu Panwascam diharapkan terus memberikan yang terbaik kinerja nya dalam menyosialisasikan apa yang diperbolehkan dan larangan bagi masyarakat.

“Saya ucapkan selamat bagi Pengawas dan Pengawal pemilu terpilih dan diharapkan bisa menjaga profesionalisme dalam bekerja,” pungkasnya.

Penulis : @lie Editor : Syamhunter