oleh

Beberpa Jenis Olahraga Di Jepang Yang Paling Populer Di Kalangan Penggemarnya

-OLAHRAGA-10 views

Hak suara.com. dikutip dari  Japanese station, Jepang sudah tidak asing lagi dengan olahraga, di mana negara memiliki dan mempopulerkan aneka olahraga tradisional dan modern yang kompetitif hingga beberapa di antaranya masuk ke ajang internasional. beberapa  olahraga di Jepang yang paling populer di negara tersebut.

Puroresu (singkatan dari pro wrestling) Jepang tidak sama dengan yang berasal dari Amerika karena banyak pegulat telah mempelajari berbagai disiplin ilmu bela diri. Sejumlah upaya pernah dilakukan untuk membawa olahraga ini ke Jepang di awal abad 20 yang tidak tercapai sampai pada tahun 1951.

Penyebaran olahraga ini dilakukan oleh bintang puroresu yang bernama Rikidozan, seorang pegulat keturunan Korea dan Jepang, yang dijuluki sebagai pahlawan Jepang di saat krisis identitas setelah Perang Dunia. Beberapa pegulat populer lainnya dalam sejarah termasuk Giant BabaAntonio Inoki, dan Tiger Mask (sebenarnya adalah grup yang berisikan 4 orang yang memakai topeng). Pecinta J-Pop mungkin akan mengenali Ladybeard, yang memulai debut puroresu-nya di Jepang pada tahun 2013.

  1. Baseball

    Baseball adalah olahraga paling populer di Jepang sampai saat ini. Baseball diperkenalkan pada tahun 1872, yang dibutuhkan waktu 64 tahun untuk membentuk liga profesional pada tahun 1936. Ada perbedaan antara baseball Jepang dan Amerika, yaitu bola baseball Jepang berukuran relatif kecil dibandingkan dengan bola baseball Amerika, dan strike zone juga lapangannya pun berukuran lebih kecil. Pertandingan baseball dibatasi 12 babak dan playoff game dibatasi 15 babak sehingga tidak menutup kemungkinan akan adanya seri.

    Demikianlah 8 olahraga di Jepang yang paling difavoritkan, kalau kalian sendiri lebih tertarik olahraga yang mana nih?

  2. Sepakbola                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            Tak disangka di urutan nomor 2 adalah sepak bola. Organisasi pertama liga nasionalnya didirikan tahun 1965 yang terdiri dari 8 klub amatir. Medali perunggu Olimpiade Meksiko pada tahun 1968 kemudian meningkatkan popularitas olahraga sepakbola di Jepang.

    Saat ini sudah ada 18 klub profesional di Jepang, dan sejumlah bintang sepakbola seperti Kazuyoshi MiuraHidetoshi Nakamura, dan Shunsuke Nakamura adalah pemain kunci tim nasional Jepang yang dijuluki sebagai Samurai Biru. Meskipun sepakbola wanita Jepang kurang populer dibandingkan sepakbola tim nasional, tim sepakbola wanita Jepang yang disebut Nadeshiko telah menjadi pusat perhatian di FIFA Women’s World Cup Final tahun 2011 yang mengalahkan tim nasional Amerika.

    3  Tenis

    Tenis diperkenalkan di Jepang pada tahun 1878, saat 5 lapangan telah dibangun di Yamate Park di Yokohama untuk digunakan oleh orang asing. Di tahun yang sama, George A. Leland telah diundang untuk memperkenalkan pendidikan jasmani gaya Barat ke Jepang, dan ajarannya menuntun tenis menjadi meluas di Jepang.

    Pada tahun 1886, Soft Tennis telah menjadi standar olahraga yang dimainkan di Jepang, dan masih diajarkan di berbagai sekolah di seluruh negeri itu sampai hari ini. Tenis telah mendapat tempat dalam budaya Jepang. Tenis juga menjadi olahraga yang membuat Jepang memenangkan medali Olimpiade pertamanya, yang kedua medalinya dimenangkan oleh Ichiya Kumagai pada tahun 1920 di Olimpiade Antwerp.

Berita Terbaru