About Us

oleh

Tentang Haksuara

Surat kabar Harian Hak Suara, berdiri pada tahun 1998 dan ketika itu berkantor pusat di Makassar  dengan jangkuan Indenesia Timur , sebagai Media cetak Harian sore beroblah 30.000 Examplar telah membuktikan dirinya sebagai sebuah alat komunikasi penyaluran aspirasi masyarakat dalam fungsinya sebagai kontrol sosial pemerintahan , pendidikan dan hiburan .  Sesuai dengan Namanya “Hak suara ”  telah mebuktikan kejujurannya dalam menyajikan beritA YANG  akurat  dan fakta dan tidak membeda bedakan  situasi dan keadaan. SKU Hak suara telah menunjukkan Independenssinya tanpa terpengaruh dengan berbagai penghalang kebenaran . Dan sejauh ini media Hak suara telah menunjukkan dirinya dalam fungsinya sebagai media Kontrol, berdasarkan  dengan undang undang yang berlaku telah berbuat sesuatu yang dapat berfanfaat dalam penyelamatan uang Rakyat dan atau Uang Negara yang dikelola oleh para penyelenggara Negara/dan atau pemerintah danBUMN . Seiring dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi khususnya teknologi Informasi maka   media hak suara masuk dan ikut dalam dunia maya , www.Haksuara.com, karena itu Hkasuara saat ini bukan saja dinikmati oleh orang di wilayah Timur Indonesia tetapi sudah seluruh Indonesia bahkan dunia dalam waktu yang sangat singkat dan segera dapat dinikmati informasi berita berita Aktual dan Fakta. Bahkan saat ini semua Masyarakat berhak memberikan informasi melalui media haksuara ini sebagai Partisipasi dalam pembangunan memajukan Indonesia Raya yaitu NKRI yang maju dan bebas Korupsi.dengan meng Klik Hubungi kami di web Haksuara.com.

Termasuk kemajuan media Hak suara , kalo pada saat ini telah berkantor pusat di Ibuk Kota Negara tepatnya di Gedung Dewan pers RI Lt 5  jalan kebon sirih Jakarta karenanya  Kami memberikan kesempatan kepada siapa saja dan kepada seluruh warga masyarakat untuk menjadi kepala biro, wartawan atau koresponden Haksuara di Kantor Anda, di Wilayah dan atau di daerah yang anda berada diseluruh Indonesia dan seluruh Dunia .

klik Hubungi Kami — sampaikan bahwa anda ingin jadi waratawan Haksuara ,sertakan No HP dan Email, maka kami segera menhubungi anda . Asal saja belajar dan memiliki idealisme hakjsuara ” jujur.berani,dan tidak memihak kejahatan, berjiwa Nasionalisme yang tinggi.

Wassalam

KEPALA WILAYAH.

1.       Mengajukan permohonan pembukaan kantor wilayah Media Haksuara                 kepada Pimpinan Redaksi media hak suara di  Jakarta

2.       Memahami dunia Jurnalistik

3.       Terpanggil melakukan fungsi jurnalistik ebagai control sosial, hiburan                 dan pendidikan.

4.       Memiliki Sekretariat tetap

5.       Secretariat tetap berada di ibu kota provinsi

6.       Memiliki peralatan kantor meja/kursi computer dan jaringan internet

7.       Memiliki pengurus minimal :

a.       Kordinator liputan

b.      Minimal 5 kantor biro .

c.       Minimal 15 wartawan aktif.

8.       Membauat pernyataan, wilayah tersebut sanggup membuat dan                            memasukan berita yang layak di media hak suara minimal 10 berita                    dalam sehari.

B.      KEPALA BIRO.

1.       Mengajukan permohonan pembukaan kantor Biro media Haksuara                      kepada Pimpinan Redaksi media hak suara di Jakarta

2.       Memahami dunia Jurnalistik

3.       Terpanggil melakukan fungsi jurnalistik ebagai control sosial, hiburan                 dan pendidikan

4.       Memiliki Sekretariat tetap

5.       Secretariat tetap berada di ibu kota Kabupaten/kota.

6.       Memiliki peralatan kantor meja/kursi computer dan jaringan internet

7.       Memiliki pengurus minimal :

d.      Kordinator liputan

e.      Minimal  5 wartawan aktif.

8.       Membauat pernyataan, Biro tersebut sanggup membuat dan memasukan ,          berita yang layak di media hak suara minimal 5 berita dalam sehari

C.      Wartawan/ty

1.       Wartawan adalah  seseorang yang Terpanggil dan focus terus menerus melakukan kegiatan jurnalistik  dalam fungsi sebagai kontrol sosial,             hiburan dan pendidikan.

2.       Mengajukan permohonan menjadi wartan  Media Haksuara kepada                     Pimpinan Redaksi media hak suara di Jakarta

3.       Memahami dunia Jurnalistik

4.       Menaati kode etik Jurnalistik Indonesia.

5.       Membauat pernyataan, wartawn  tersebut sanggup membuat dan                         memasukan berita yang layak di media hak suara minimal 1 berita                       dalam  sehari

D.      Tentang Berita.

1.       Berita Ialah peristiwa yang benar benar Terjadi, actual, fakta dan                          berguna bagi masyarakat banyak (bukan karangan dan bukan hayalan)

2.       Berita harus netral  dan memihak kepada kebenaran berdasarkan fakta (             tidak memihak kepada pihak pihak yang salah)

E.       Larangan larangan dalam Pemberitaan

1.       Berita tidak boleh menuduh atau menghakimi orang atau lembaga yang              diberitakan tetapi harus menggunakan azas praduka tidak bersalah.

2.       Tidak boleh menulis nama lengkap orang yang diberitakan tetapi                           memakai nama inisial atau nama singkatnya.

3.       Isi Berita Tidak boleh perasaan atau pikiran wartawan sendiri

4.       Setiap berita harus ada minimal 2 orang nara sumber yang berkompeten.

5.       Tidak boleh berita bohong atau karangan.

F.       Keharusan di dalam isi Berita

1.       Berita adalah Peristiwa yang benar berdasarkan Fakta.

2.       Harus ada minimal 2 orang nara sumber selain orang yang diberitakan

3.       Nara sumber adalah orang yang berkompeten(mengetahui/mendengar               atau tokoh yang berwenang memberi tanggapan terkait materi                                pemberitaan

4.       Orang yang diberitakan harus diminta pendapatnya terkait pemberitaan            ( paling tidak diusahakan dihubungi via sms ,telp atau whatsapp.

5.       Harus netral dan berpihak pada kebenaran.

6.       Berita harus sesuai kode etik Jurnalistik.

G.     Pertanggungjawaban berita.

          1.       Pertanggungjawaban isi berita yang melanggar kode etik jurnalistik                      Indonesia menjadi tanggungjawab pembuat berita.

          2.       Masalah hukum yang dihadapi wartawan dalam melaksanakan                               tugas pengurus pusat memberikan bantuan hukum dan                                            perlindungan sepanjang perbuatan wartawan yang berangkutan                            tidak melanggar kode etik jurnalisti Indonesia.