Ekonomi dan Bisnis

Ajak Cintai Produk Dalam Negeri, Disperdagin Jeneponto Gelar Sosialisasi P3DN

JENEPONTO, HAK SUARA.COM – Dinas Perdagangan dan Perindustrian kembali menggelar Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, di Aula Kantor Disperdagin Jeneponto, Selasa (20/8/2019).

Dalam kesempatan tersebut hadir Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Jeneponto, H. Zubair K, Sekretaris Disperdagin Jeneponto Syamsul Baqri Katti, Kabid Perdagangan Disperdagin Jeneponto, Maryam Arifuddin, Kasi Bina Pasar Tradisional dan Modern Disperdagin Muh. Taswin. Sementara peserta yaitu dari pengelola Indo Maret, Alfa Maret, Alfa Midi, para pengusaha dan pedagang.

Ketua Panitia Pelaksana Muh Taswin melaporkan bahwa di tengah era globalisasi dan pasar bebas saat ini serbuan produk impor sudah hampir menguasai berbagai sektor. Hal ini disebabkan industri Dalam Negeri kita tidak mampu bersaing baik dari segi kualitas maupun harga.

Untuk itu, kata Taswin, untuk mengatasi hal tersebut Pemerintah telah mengeluarkan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri atau P3DN. Program ini merupakan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor.

“Salah satu bentuknya adalah mewajibkan instansi pemerintah untuk memaksimalkan penggunaan hasil produksi dalam negeri dalam kegiatan pengadaan barang/jasa yang dibiayai oleh pemerintah”, imbuh Taswin.

Sementara Sekretaris Disperdagin Jeneponto Syamsul Baqri mengatakan kegiatan ini dianggap sangat penting untuk mendorong semua pihak dalam mendorong kemajuan ekonomi kita.

Dia mengatakan setelah mengikuti kegiatan ini para peserta dapat lebih mencintai, membeli, menggunakan, memakai dan mengembangkan produk-produk buatan dalam negeri, sehingga dengan demikian kita dapat mendukung perekonomian daerah maupun nasional, pungkasnya.

Ditempat yang sama Kadis Koperasi dan UKM Jeneponto H. Zubair K, selaku pemateri memaparkan bahwa produsen saat ini harus mampu menguasai pangsa pasar dengan mengetahui seluk beluk apa yang di inginkan konsumen.

Oleh karena itu, kata Zubair kualitas produk perlu ditingkatkan agar dapat bersaing dengan produk impor. “Inovasi produsen harus terus dilakukan misalnya desain kemasan yang lebih menarik sehingga produk tersebut laris dipasaran”, jelas Zubair.

Dalam kondisi seperti serbuan Produk Impor, sikap yang perlu dikembangkan oleh pelaku usaha adalah optimisme, dengan merubah tantangan yang ada menjadi peluang yang akan memberikan keuntungan dan manfaat bagi diri sendiri dan masyarakat, karena disamping memberikan tantangan, perdagangan bebas juga merupakan peluang yang relatif besar, terutama pasar produksi yang semakin luas dan beragam, yang akan membuka kesempatan untuk peningkatan dan diversifikasi produksi yang dihasilkan, pungkas Zubair. (Lau)

Previous ArticleNext Article

64 Comments

  1. Hello there, You’ve performed a great job. I’ll definitely digg it and in my opinion recommend to my friends. I’m confident they’ll be benefited from this web site.

  2. An impressive share, I just given this onto a colleague who was doing a little analysis on this. And he in fact bought me breakfast because I found it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the treat! But yeah Thnkx for spending the time to discuss this, I feel strongly about it and love reading more on this topic. If possible, as you become expertise, would you mind updating your blog with more details? It is highly helpful for me. Big thumb up for this blog post!

  3. Знаете ли вы?
    Первый футбольный трофей после начала пандемии коронавируса был разыгран в Таджикистане.
    Водитель ледового комбайна стал звездой единственного матча НХЛ, в котором принял участие.
    «Бикини» для лица помогает китаянкам уберечь кожу от медуз и загара.
    Индонезийской закуской начиняют пирожки, посыпают рис и кладут в лапшу и супы.
    Вместо Плещеева озера Пётр I мог построить потешный флот на озере Неро.

    0PB8hX.com

  4. Знаете ли вы?
    Искусствоведы спорили, смирилась ли со скорой смертью неизлечимо больная женщина на картине русского художника, а она прожила ещё 37 лет.
    Роден назвал свои «Врата ада» напрямую, а его соотечественник только намекнул.
    Ливийский диктатор пытался спасти от казни премьер-министра Пакистана.
    Потомок наполеоновского генерала стал Героем Советского Союза.
    Жену Генриха VIII на суде защищал посол Священной Римской империи.

    http://www.0pb8hx.com/

  5. Thanks for some other informative blog. The place else may I get that kind of information written in such a perfect way? I have a venture that I’m just now running on, and I’ve been on the glance out for such information.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.