ASN Tetap Menjaga Netralitasnya

    MAKASSAR, Hak Suara,- Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir, SE., MP menghadiri acara Kampanye Publik Deklarasi Netralitas ASN Pemilihan Serentak Tahun 2020 dan Rapat Koordinasi Pengawasan Netralitas ASN dan Percepatan Penerapan Nilai Dasar, Kode Etik, Kode Perilaku Pegawai ASN Pada Instansi Pemerintahan. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dimulai tanggal 8 s/d 9 Maret 2020.

    Kampanye Publik ini turut dihadiri Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Prof. Dr. Agus Pramusinto, MDA, Ketua Bawaslu RI, Abhan, S.H., M.H, Komisioner KASN, Dr. Arie Budhiman, M.Si, Perwakilan Menteri Dalam Negeri, Gensly, S.E., M.PA, Kepala KANREG IV BKN Makassar, Drs, Harun Arsyad, SH.,MH, Sekertaris Daerah Prov. Sulawesi Selatan, Dr. Abdul Hayat Gani, M.Si serta Kepala Daerah Kabupaten/Kota yang berada dalam wilayah kerja Kanreg III BKN Bandung dan Kanreg IV BKN Makassar.

    Dalam sambutan Sekertaris Daerah (Sekda) Prov. Sulsel Abdul Hayat Gani mengatakan, pada momentum pagi hari ini adalah tugas nasional yang kita kerjakan dan Pemprov Sulsel memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada seluruh peserta kampanye

    Sekda Sulsel berharap kegiatan ini tidak hanya sampai di sini saja akan tapi dapat direalisasikan di lapangan dalam mensosialisasikan kode etik dan kode perilaku tersebut.

    “Saat ini kita sedang menata tata kelola yang lebih baik ada dari KPK dan juga dari Kejaksaan selaku pengacara negara, kita harus memastikan semua agar tidak terjadi sesuatu yang kita tidak inginkan untuk kedepannya dan yang paling penting adalah netralisasi kita sebagai ASN,” ujarnya.

    Sementara itu Ketua KASN, mengharapkan ASN dapat menjadi sosial control dalam menjaga Netralitasnya. Agus Pramusinto menjelaskan bahwa KASN setiap tahun menerima banyak pengaduan pelanggaran netralitas ASN, pada tahun 2018 terdapat 508 laporan pengaduan, dengan total ASN yang terlibat sebanyak 985 orang dan pada tahun 2019 yang lalu terdapat 386 laporan pengaduan dengan total ASN yang terlibat sebanyak 528 orang.

    “Kedepan kita harus awasi betul palanggaran netralitas ASN, dimana kuncinya adalah melalui kegiatan pencegahan dan berkolaborasi dengan lembaga mitra terkait,” ucapnya

    Kegiatan ini dilaksanakan oleh KASN bekerjasama dengan Bawaslu, Kemendagri, KemenPANRB dan BKN. Pada hari pertama seluruh peserta melakukan jalan santai serta mensosialisasikan bahwa ASN tetap menjaga netralitas, kode etik serta kode perilaku sebagai ASN di instansi pemerintahan, yang di lepas secara langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi selatan yang bertempat di area Car Free Day jl. Boulevard Kota Makassar. (Ln/HMS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here