Ekonomi dan Bisnis

BAZNAS Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Penyintas Bencana Di Sigi

SIGI, Hak Suara,- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulteng mengontrol program penguatan ekonomi umat yang ada di Kabupaten Sigi, dan pasca bencana September 2018 lalu, Kabupaten Sigi menjadi salah satu darah yang menjadi perhatian BAZNAS, untuk membangkitkan lagi ekonomi masyarakat agar lebih baik lagi.

Terkait dengan hal itu rombongan BAZNAS Sulawesi Tengah yang di koordinir komisioner BAZNAS Sulteng Muhammad Godal, mendatangi kantor Baznas Sigi Selasa (03/03), dan di sambut ketua BAZNAS Sigi As’Ad Syukur di Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru. Pertemuan yang cukup akrab tersebut, ketua BAZNAS Sigi menceritakan sekilas keberadaan program penguatan ekonomi umat kerjasama BAZNAS Sulteng dan BAZNAS Sigi yang telah berjalan hampir satu tahun, program bantuan yang menyentuh usaha kecil tersebut berjalan dengan baik sesuai dengan harapan.

“Alhamdulillah program yang kita laksanakan bersama untuk usaha kecil terlaksana dengan baik, walaupun ada sedikit kendala namun hal itu sudah merupakan biasa terjadi di manapun itu, namun harapan kita para kelompok ini bisa bangkit dan dapat menghidupi keluarganya”kata As’Ad Syukur.

Tentu lanjut dia, program yang telah berjalan hampir satu tahun ini memberikan dampak serta manfaat bagi para pedagang dengan usaha yang digelutinya. Tentunya dia juga berharap, agar bantuan tersebut dapat digulirkan kembali, sehingga usaha tersebut tumbuh bermanfaat tidak hanya bagi keluarganya, akan tetapi juga bagi masyarakat di sekelilingnya.

“program bantuan ekonomi umat ini juga sinergi dengan program Pemda Sigi yakni Sigi masagena, Baznas Sigi hanya bagian yang memang belum tersentuh, walaupun giat Zakat Infaq Sadaqah (ZIS) di Sigi belum berjalan sesuai harapan”ujarnya.

Rombongan BAZNAS Sulteng yang juga hadir komisionernya Munif dan satu Amil itu, ketua BAZNAS Sigi juga sekilas menceritakan kantor sementara yang ditempati saat ini dan kondisi BAZNAS Sigi. Kantor yang ditempati lanjutnya, berupa mushollah milik Bappeda Sigi lama yang tidak dipergunakan lagi, karena kantor Baznas Sigi juga terdampak rusak saat gempa dan tidak bisa digunakan lagi sampai saat ini.

Muhamad Godal dalam hal itu mengucapkan terimakasih pada BAZNAS Sigi yang telah mengawal program keumatan agar masyarakat Sigi lebih baik lagi pasca gempa. Dia menyatakan, program tersebut akan terus berjalan dengan menggulirkan lagi dana yang ada, sehingga usaha yang digeluti saat ini lebih besar dan seperti tujuan Baznas, para usaha kecil ini tidak hanya menjadi golongan mustahiq terus, akan tetapi sudah menjadi golongan Muzaki yang bisa membantu orang lain.

“Alhamdulillah semuanya berjalan sesuai harapan kita dan BAZNAS tidak akan tinggal diam dalam pemulihan di daerah khususnya wilayah yang terdampak bencana lalu”kata Muhamad Godal.

Pertemuan tersebut yang juga dihadiri pengurus baznas Sigi Jadi Wijaya, Aifa Djaelangkara dan Ilham itu juga membicarakan sejumlah program bersama yang akan dilaksanakan tahun 2020 ini. (HD)

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.