oleh

Bencana Kulawi, BAZNAS Respon Bantu Warga Penyintas Terdampak Bencana

-Tak Berkategori-3 views

Haksuara,SIGI- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ikut ambil bagian dalam membantu masyarakat yang terdampak banjir bandang di Dusun Pangana Desa Bolapapu Kecamatan Kulawi, melalui satuan gerak cepat BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) menjadi ujung tombak dalam merespon untuk membantu warga.

Salah satu relawan yang tergabung dalam BTB BAZNAS Sulteng Haris Pangan Ahad (15/12) mengatakan, gerak cepat BTB saat menerima informasi adanya bencana yang terjadi di Kecamatan Kulawi langsung menuju ke lokasi kejadian.relawan BTB Baznas Sulteng, BAZNAS Pusat dan BTB Tuva BAZNAS Sigi, bahu membahu membantu warga yang terdampak bencana dengan membersihkan rumah yang tergenang lumpur dan material lainnya.

“hari Jumat siang kita langsung ke lokasi bencana bergabung dengan tim dari Pemda Sigi, TNI dan Polisi serta relawan lainnya, Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar, walaupun menuju ke lokasi sedikit alami hambatan karena jalan yang penuh material”terangnya.

Sementara salah satu unsur pimpinan Baznas Sigi Hadi Wijaya mengatakan, BTB merupakan unit kerja dari bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, yang bertugas merespon dalam mengurangi dampak bencana yang mengakibatkan kemiskinan dan menekan risiko keterparahan kemiskinan akibat bencana. Selain itu BTB bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Pengurangan Risiko Bencana (PRB) melalui edukasi; menangani korban bencana melalui tahapan Rescue, Relief, Recovery, Recontruction; serta menumbuhkan jiwa kerelawanan di masyarakat, menguatkan kapasitas dan membangun jaringan Relawan.

“Alhamdulillah bencana yang terjadi di Kulawi Desa Bolapapu BTB langsung merespon dan turun langsung kejadian untuk membantu masyarakat yang terdampak”terangnya.

Selain membantu rumah yang rusak, kehadiran BTB juga membantu mendistribusikan makanan dan sembako yang diperlukan, serta mengedukasi anak anak yang terdampak bencana dengan menghibur. Hadi menambahkan, sejumlah BAZNAS dari daerah lain juga sudah memberikan informasi akan membantu keluarga yang terdampak bencana di Kecamatan Kulawi seperti BAZNAS Kota Palu. Sebelum ke Kecamatan Kulawi lanjut Hadi, BTB juga belum lama ini sudah membantu warga yang ada di Desa Poi dan Desa Bangga dengan memberikan sem

“warga sudah pasti akan membutuhkan sejumlah bahan pokok beberapa hari kedepan, yang tentunya perhatian pad semua pihak masih akan diperlukan, dan Baznas Sigi yang berada di jalan karajalemba eks kantor Bapeda Sigi selalu terbuka menerima bantuan apa saja untuk warga yang terdampak bencana di wilayah Sigi”ujarnya. (Lin/hady)