Hukum dan Kriminal

Berapa ribu Surat Menggunakan Setempel Palsu ?.Ada Apa Pemda Nias Barat dan Pemda Nias Selatan seolah Membiarkan dugaan Tindak pidana Pemalsuan?

Nias , Hak suara. Bupati Nias selatan dan, Buapti Nias Barat terkesan membiarkan dugaan tindak Pidana Pemalsuan stempel . Dr. Hilarius Duha, SH, MH. Yang adalah Seoarang ahli hukum di Indonesia , yang kini mejabat sebagai bupati Nias Selatan ,pemimpin ratusan ribu manusia yang berada dikabupaten nias selatan menanggapi “datar” dugaan tindak pidana pemalsuan setempel bkd nias selatan yang diduga keras dilakukan oleh pemda/bkd nias barat yang baru terungkap baru baru ini.
“Kayaknya mereka main stempel-stempel saja, asal bikin stempel saja,” ucapnya Dr.Hilarius Duha ,SH,MH, Buapti nias Selatan . Sebagaimana dilansir kompas.com tgl 9 Januari 2020 . Tindak Pidana pemalsuan atau menempatkan keterangan palsu seolah olah itu sejati (termasuk penggunaan setempel ) sebagaimana dimaksud dalam pasal 263 KUHAPidana dan atau pasal 266 KUHApidana adalah meupakan tindak pidana yang seirus dan berat apalagi jika yang dipalsukan setempel negara( badan kepegawain ) sebagaimana diketahui bahwa setempel adalah pengesahan surat . Surat apapun disahkan oleh setempel. Tanda tangan pejabat tanpa setempel adalah tidak sah.Sehingga setempel setingkat dengan Akte aitentik( Akte Partie) Surat apapun jika setempelnya “palsu” maka surat itu jadi palsu. Tetapi mengapa Buapti menanggapinya “datar” alias biasa biasa saja? Masyarakatlah yang menilai. Bukankah tindakan pemalsuan wajib dilaporkan kepada kepolisian ? Bukankah pimpinan itu harus menjadi teladan dalam penegakkan hukum ?
Lain lagi Faduhusi Daely, Buapti Nias Barat hanya berkata ditindak tegas pelakunya dan pelakunya harus diperiksa. Siapa yang memeriksa ? Dan kapan diperiksa ? Itu tak ada yang tahu. Tapi yang terjadi adalah BKD Nias barat telah terungkap bahwa BKD Nias Barat menggunakan setempel bertuliskan setempel bkd Nias selatan dan jelas semuar surat surat pemda Nias barat yang menggunakan setempel bertuliskan “BKD Nias Selatan ” pastilah cacat hukum . Dan jika itu digunakan selama 5 tahun maka berapa banyak sk dan surat surat di nias barat yang cacat hukum.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.