POLITIK dan PEMBANGUNAN

BUPATI DAN WAKIL BUPATI NIAS UTARA LAKSANAKAN PANEN RAYA TANAMAN JAGUNG

BUPATI DAN WAKIL BUPATI NIAS UTARA MELAKSANAKAN PANEN RAYA TANAMAN JAGUNG SEKALIGUS PENANAMAN PERDANA BIBIT KACANG KEDELAI DI KELOMPOK TANI KECAMATAN LOTU

Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara dan Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu, SE,MM melaksanakan panen raya tanaman jagung yang dilaksanakan di dua kelompok tani, yakni Kelompok Tani “SOGAE” Desa Hiligeo Afia Kecamatan Lotu dan Kelompok Tani “DINAMIS” Desa Lolofaoso Kecamatan Lotu, sedangkan penanaman perdana bibit kacang kedelai dilaksanakan di Kelompok Tani “SOUMBU” Desa Hiligeo Afia. Pada acara tersebut hadir Pj. Sekda Kabupaten Nias Utara Raradodo Waruwu, SH, Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara Dapil 1 (satu) Noverman Zega, Ketua TP.PKK Kabupaten Nias Utara, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara, ASN (PNS/Non-PNS) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Camat Lotu, Koordinator beserta Anggota PPL Kecamatan Lotu, Kepala Desa beserta Aparat Desa Hiligeo Afia, Pengurus beserta Anggota Kelompok Tani, Tokoh masyarakat Desa Hiligeo Afia, dan undangan lainnya yang berkesempatan hadir,

Pada kata pembukaan, Oleh ketua Kelompok Tani “SOUMBU” melaporkan bahwa panen raya tanaman jagung yang dilaksanakan di Kelompok Tani “SOGAE” pada hari ini merupakan berkat dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara yang telah menyalurkan bantuan berupa bibit tanaman jagung pada tahun 2017 yang lalu. Pada kesempatan ini kedua Kelompok Tani “SOGAE” dan “SOUMBU” Desa Hiligeo Afia tidak hanya menanam bibit tanaman jagung saja tetapi tanaman lain juga ikut ditanam seperti tanaman cabai, tanaman sayur-sayuran, tanaman kacang kedelai dan lain-lain.
Arahan dan bimbingan Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara menyampaikan atas keberhasilan kedua kelompok tani “SOGAE” dan “SOUMBU”, yang mana telah mampu memberikan hasil yang maksimal pada hasil kerjanya dan diharapkan dapat terus-menerus mengembangkan hasil usahanya sehingga dapat menjadi barometer kelompok tani yang lain khususnya di wilayah Kecamatan Lotu, dan dengan keberhasilan kelompok tani ini juga diharapkan dapat memberikan motivasi kepada kelompok-kelompok tani yang ada di desa-desa dan kecamatan lain sehingga mereka juga dapat memberikan hasil yang maksimal.
Lebih lanjut arahan dan bimbingan Bupati Nias Utara menjelaskan bahwa didalam memulai sebuah usaha pertanian ini memang tidak mudah yang tentu memerlukan pengorbanan tenaga dan biaya. Untuk itu Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian akan tetap memberikan dukungan yang dilakukan semaksimal mungkin secara bertahap dan berkelanjutan kepada kelompok tani yang ada di wilayah Kabupaten Nias Utara dengan demikian diharapkan juga para petani Nias Utara mampu bekerja semaksimal mungkin sehingga mampu mencapai hasil yang maksimal juga.
Pada kesempatan ini juga Bupati Nias Utara dan Wakil Bupati Nias Utara beserta Anggota DPRD Nias Utara Dapil 1 (satu) dan Pj. Sekda Kabupaten Nias Utara menyerahkan bantuan kepada kelompok tani “SOGAE” dan “SOUMBU” berupa alat penanaman bibit tanaman jagung dan juga bibit kacang kedelai yang bersumber dari Kementerian Pertanian Pusat. Kemudian Bupati Nias Utara beserta rombongan melanjutkan perjalanan untuk melaksanakan penen perdana tanaman jagung di Kelompok Tani “DINAMIS” Desa Lolofaoso Kecamatan Lotu.

Previous ArticleNext Article