Umum

Bupati Kerahkan Alat Berat Di Lokasi Banjir


SIGI, Hak Suara,- Curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir kembali menyebabkan banjir di sejumlah titik pada Minggu, (26/4/2020).

Bupati Sigi, Mohamad Irwan, langsung memerintahkan Dinas PU dan Perumahan Kabupaten Sigi segera menurunkan alat berat (mesin pengeruk/ekskavator) untuk menyingkirkan material yang terbawa saat banjir pada pukul 01.00 WITA di Desa Omu Kecamatan Gumbasa.

Sedangkan Di Desa Poi Kecamatan Dolo Selatan untuk melakukan pengerukan dilokasi banjir adalah alat milik Balai Wilayah Sungai.

Bupati Sigi Mohamad Irwan yang didampingi Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Sigi meninjau langsung lokasi banjir di Desa Omu, serta beberapa titik lokasi rawan banjir di Desa Tuva dan Desa Poi, Senin pagi (27/4/2020).

Pada kunjungan tersebut Bupati Sigi juga menyempatkan meninjau alternatif jalan yang bisa dilalui di Desa Tuva sebagai antisipasi jika banjir meluap dan merusak jalan utama

Berdasarkan laporan Kepala Desa Omu, banjir mulai terjadi sekitar pukul 19.30 WITA dan menerjang pemukiman warga. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun sejumlah rumah warga rusak dan harus mengungsi.

Pemerintah desa bersama dengan pemerintah daerah telah membuat posko di balai pertemuan desa, dan sejumlah bantuan juga telah diberikan oleh BPBD Sigi serta sejumlah pihak lainnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi banjir susulan, Dinas PU dan Perumahan Kabupaten Sigi telah menyiagakan alat berat ekskavator di sejumlah titik, di antaranya di Desa Poi (Dolo Selatan), wilayah Kulawi Selatan dan wilayah Sibalaya.

Bupati Sigi mengatakan bahwa Meskipun dalam kondisi pandemi COVID-19, dan masih banyak kekurangan, tapi Pemda Sigi harus cepat dalam menangani keadaan seperti ini.

Pada kesempatan peninjauan tersebut, Bupati juga menyempatkan meninjau posko penanganan COVID-19 di Desa Omu (Gumbasa) dan Desa Poi (Dolo Selatan). (Lin/Hks)


Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.