Hukum dan Kriminal

Bupati Nias Selatan Terapkan Peraturan Desa Nomor 004 tentang Pungutan Desa

Bupati Nias Selatan Hadiri Penetapan
Peraturan Desa Bawomataluo

Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Yustina Hilarius Duha bersama beberapa mewakili Fork
Adapun Peraturan Desa (Perdes) yang ditetapkan oleh Penjabat Kepala Desa Bawomataluo, yaitu Peraturan Desa Nomor 003 Tahun 2018 tentang Keamanan dan Ketertiban Umum, dan Peraturan Desa Nomor 004 tentang Pungutan Desa. Selain itu, Penjabat Kepala Desa juga melaksanakan pengukuhan Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Bawomataluo. Penetapan Perdes tersebut didasari dengan kesepakatan bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bawomataluo, dan juga melalui tahapan dan mekanisme musyawarah desa sebelumnya.
Salah satu jenis dan tarif pada pungutan sebagaimana tercantum dalam Peraturan Desa Bawomataluo Nomor 004 Tahun 2018 adalah pungutan bagi pengunjung sebagai wisatawan dalam dan luar daerah, yang meliputi kategori dewasa sebesar Rp5.000 dan kategori anak-anak sebesar Rp2.000. Selain itu, pungutan parkir terdiri dari: kendaraan roda dua sebesar Rp2.000, roda empat sebesar Rp5.000 dan bus kota/pariwisata sebasar Rp10.000. Pengenaan pengutan ini wajib disertai dengan tanda bukti (karcis) yang sah dari petugas sebagaimana dimaksud pada Pasal 9 ayat (1) Perdes Nomor 004 Tahun 2018. Sementara pada Pasal 7 memberikan pengecualian bahwa tidak dibebankan pungutan terhadap setiap pengunjung baik perorangan ataupun kelompok yang sifatnya acara suka, duka dan kegiatan pemerintahan.
Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, sangat mengapresiasi Pemerintah Desa, BPD dan semua unsur tokoh masyarakat Bawomataluo yang telah memikirkan bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan baik. “Penetapan Peraturan Desa pada saat ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat. Sehingga diharapkan upaya seperti ini dapat menjadi contoh bagi Desa lain untuk diterapkan di desanya masing-masing,” harap Bupati Hilarius Duha melalui arahannya. Untuk mengoptimalkan pelaksanaan Peraturan Desa itu, Bupati mengharapkan para Kepala Perangkat Daerah dan instansi terkait agar terus memberikan dukungan melalui programnya masing-masing sehingga saling bersinergi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Sementara itu sambutan mewakili unsur Tokoh Masyarakat Bawomataluo, Mowa’a Wau atau sering disebut “Solago Maniamolo” mengucapkan terima kasih atas terobosan baru yang telah dilakukan oleh Penjabat Kepala Desa. Meskipun baru enam minggu menjabat sebagai Kepala Desa namun hasil kinerjanya benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Contohnya saja penanganan air bersih sudah teratasi dengan baik. Terkait pelaksanaan Peraturan Desa, Ia dengan tegas menyatakan akan mendukung sepenuhnya, dan mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk mematuhi dengan sebaik-baiknya.
Melalui laporan sekaligus sambutan Penjabat Kepala Desa Bawomataluo, Hans Martin Wau, mengungkapkan terwujudnya penetapan beberapa Peraturan Desa itu didasari dengan kerjasama dan dukungan dari BPD bersama Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat serta aspisari yang berkembang di tengah-tengah masyarakat. “Oleh karena itu, saya mengharapkan dukungan masyarakat untuk memberi pamahaman antara satu dengan lainnya agar setiap Peraturan Desa dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab dan ditaati secara bersama demi terwujudnya kemajuan desa sebagai salah satu objek wisata yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan,” harap Hans Martin Wau yang juga sekaligus sebagai Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Selatan, dan sejak diserahterimakan pada tanggal 08 Juni 2018 dengan tugas tambahan sebagai Penjabat Kepala Desa Bawomataluo, Kecamatan Fanayama. ()

Previous ArticleNext Article