Politik dan Pembangunan

Calon Perseorangan Bupati Dan Wakil Bupati Serahkan Syarat Dukungan Di KPU Pekan Depan

Ketua KPU Sigi Hairil

SIGI,- Pekan depan mulai tanggal 19 hingga 23 Februari, para calon Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Sigi dari jalur perseorangan atau independen dijadwalkan melakukan penyerahan syarat dukungan kepada pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi.

Hal itu diakui Ketua KPU Sigi, Hairil, Rabu (12/2/2020). Menurutnya, pada jadwal tersebut para calon dari independen dipersilahkan menyerahkan syarat dukungan yang kemudian akan dilakukan verifikasi.

“Sampai sekarang yang sudah mengkonfirmasi akan menyerahkan syarat dukungan adalah pasangan Ilyas Nawawi-Uhut Hutapea, Sukmayadi Ponulele-Marten, Anhar-Arnold dan Taufik Lasenggo-Martina. Sementara pasangan Adi Daeng Pawata-Nolly Mua menyatakan mundur dari pencalonan,” ungkap Hairil.

Ia menjelaskan syarat dukungan yang harus diserahkan oleh setiap pasangan adalah minimal sebanyak 16.411 jiwa dalam bentuk bukti kopian Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jumlah tersebut katanya berdasarkan rumus yang telah diatur dalam PKPU yakni 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir di Sigi.

Lanjutnya, setiap tim pasangan calon juga harus memasukkan identitas seluruh pendukungnya ke dalam Sistem Informasi Calon (Silon) yang selanjutnya akan diverifikasi oleh pihak KPU Sigi.

“Jadi saat proses input di silon nanti akan otomatis ketahuan kalau ada dukungan yang ganda. Olehnya identitas yang terdeteksi ganda itu nantinya akan kami konfirmasi saat verifikasi faktual di lapangan guna mengetahui calon mana yang sesungguhnya mereka dukung” katanya.

Hairil berharap para calon dari jalur independen dapat mengikuti prosedur sesuai tahapan yang telah ditetapkan. (Lin)

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.