serba serbi

Cara Jitu Mengatur Keuangan Dengan Gaji Kecil

Haksuara, Serba Serbi. Siapa bilang gaji kecil gak butuh diatur? Justru gaji yang terbatas perlu diatur biar gak bikin tabungan terkuras. Kuncinya: disiplin mengatur keuangan. Berikut ini beberapa tips mengatur keuangan bagi orang yang bergaji kecil :

1. Membuat rencana keuangan

Walaupun terdengar klise, namun cara ini cukup ampuh dalam mengatur keuangan agar uang yang Anda dapat tidak cepat habis. Pastikan pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan, untuk mencegah perilaku boros Anda dapat membeli keperluan yang sekiranya penting. Dengan kata lain belilah keperluan sesuai kebutuhan bukan keinginan.

2. Sisihkan uang di awal untuk ditabung 

Sebelum uang itu digunakan untuk keperluan lainnya, ada baiknya Anda sisihkan 10% untuk ditabung. Hal ini lebih efektif dibandingkan Anda menanbung di akhir karena pasti sudah habis untuk memenuhi keinginan Anda. So, jangan lupa untuk menabung ya.

3. Hindari pemakaian kartu kredit

Belanja dulu baru bayar, itulah kartu kredit. Fungsi utama kartu kredit adalah Anda bisa belanja berbagai macam kebutuhan lalu bayar di akhir bulan atau dengan kata lain Anda berutang pada bank.
Hal ini sangat tidak disarankan, kenapa? Karena kartu kredit mempunyai biaya-biaya tambahan bila Anda tidak tepat membayar. Kalau Anda terbiasa hidup sederhana kartu kredit tidaklah dibutuhkan.

4. Investasi

Seperti disebutkan sebelumnya, pos investasi sebaiknya diadakan dalam anggaran keuangan. Jika gak memungkinkan berinvestasi sekarang, bisa dikumpulkan dulu sedikit demi sedikit. Misalnya tiap bulan disisihkan Rp 100 ribu buat nantinya beli emas. Kalau sudah terkumpul, duit itu tinggal dibelikan emas. Atau bisa juga beli emas langsung dengan cara kredit.Menabung saja belum cukup sebagai investasi. Sebab, bunga tabungan terhitung kecil jika dibandingkan dengan nilai inflasi per tahun.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.