oleh

Cara Menghilangkan Uban Dengan Bahan Alami

-Tak Berkategori-13 views

Hak suara.com,- Uban dapat muncul pada rambut kita,hal ini bisa juga sedikit mengganggu penampilan kita,Berikut ini adalah cara menghilangkan uban dengan bahan alami yang patut kita coba :

  1. Minyak Kemiri

Bahan alami yang banyak digunakan untuk perawatan rambut adalah minyak kemiri. Minyak ini juga telah terbukti efektif dalam menghilangkan uban. Caranya adalah dengan menyangrai kemiri dan kemudian dihaluskan hingga keluar minyaknya.Oleskan minyak ini ke seluruh rambut hingga merata dan diamkan selama 15 menit agar minyak tersebut meresap. Setelah itu, bilaslah rambut menggunakan air hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara berkala.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan uban. Alasannya karena minyak kelapa mengandung antioksidan yang bisa mencegah uban muncul kembali. Caranya cukup dengan membalurkan minyak kelapa sambil memijit kepala. Tunggu hingga minyak tersebut benar-benar meresap sebelum dibilas hingga bersih.

  1. Biji Pepaya

Siapa sangka kalau biji pepaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan uban? Sebelum menggunakannya, kamu perlu mencuci biji pepaya hingga bersih. Kemudian, kamu bisa menyangrai biji pepaya hingga halus dan campurkan dengan minyak kelapa secukupnya. Oleskan campuran minyak kelapa dan biji pepaya ini ke seluruh bagian kepala, lalu diamkan dua jam sebelum dibersihkan.

4. Teh basi atau ampas teh

Satu lagi bahan alami yang kerap disisihkan padahal mengandung banyak manfaat khususnya untuk menghilangkan uban. Yap, bahan tersebut adalah ampas teh yang sudah direndam seharian atau bisa disebut dengan teh basi.Teh sudah lama dipercaya mengandung sejumlah zat yang mampu membantu menghitamkan rambut. Jika ingin menghilangkan rambut beruban, pilihan ini menjadi salah satunya.Setelah direndam seharian, gunakan ampas teh tersebut untuk dioleskan ke seluruh permukaan rambut yang beruban. Untuk hasil maksimal, kamu bisa menambahkan garam ke dalam ampas tersebut sebelum meratakannya ke seluruh rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 1 jam dan bilas menggunakan shampo.

5. Daun bunga sepatu

Kandungan zat pigmen alami dalam daun bunga sepatu juga bisa digunakan alternatif untuk menghilangkan uban. Cara memanfaatkannya pun hampir sama dengan bahan-bahan sebelumnya.Pertama, ambil beberapa lembar daun bunga sepatu. Kedua, tumbuk halus daun-daun tersebut, bisa juga ditambahkan bunga dari tanaman ini hingga mengeluarkan cairan lebdir.Setelah itu, oleskan lendir dari daun kembang sepatu itu ke seluruh rambutmu yang beruban. Jika sudah, diamkan selama beberapa menit baru kemudian bilas menggunakan shampo sampai bersih.

6. Kulit kentang

Mungkin tak banyak orang yang tahu mengenai manfaat kulit kentang. Bahan yang biasanya disisihkan dan dibuang ini ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk menghilangkan rambut beruban.Cara memanfaatkan kulit kentang untuk mewarnai rambut secara alami adalah dengan cara merebusnya terlebih dahulu. Pertama, kupas beberapa kentang kemudian masukkan kulitnya ke dalam panci, tambahkan air dan rebus sambil diaduk selama lebih kurang 5 menit. Jika sudah, diamkan hingga dingin lalu saring cairan kulit kentang tersebut.Untuk aroma yang lebih wangi dan segar, kamu bisa menambahkan minyak esensial. Setelah itu, gosok cairan air kulit kentang tersebut ke seluruh permukaan rambut, diamkan sebentar dan bilas menggunakan shampo. Ulangi prosedur tersebut selama beberapa kali untuk hasil yang maksimal.