Umum

Diduga,” Kerusakan Lahan Sawah & Kebun Masyarakat Hancur Akibat Penggundulan Hutan Oleh PT.CBS

Hak Suara Bengkulu Kabupaten Kaur l – Dampak banjir bandang beberapa bulan yang lalu sampai saat ini masih menyiksa masyarakat, Pasalnya bukan sedikit lahan sawah dan lahan kebun masyarakat di desa Kedataran, Desa tanjung ganti dan desa air jelatang Kecamatan Maje yang mengalami kerusakan akibat tertimbun tanah yang bercampur dengan lumpur 23/07/19.

Salah satu pemilik lahan kebun kelapa sawit seluas sekitar 2 hektar di desa Kedataran mengalami kerusakan, Kami harus menuntut kemana, Ujar Rudi saat di komfirmasi oleh awak media.

Lanjut Rudi menjelaskan, Selain kerusakan kebun sawit ada lagi kerusakan lahan sawah warga masyarakat dan sekitarnya, Ini adalah bentuk dampak dari dilanda kebanjiran, Yang berakibat buruk bagi warga masyarakat sekitar aliran sungai pungkasnya.

Ketua DPC.LPK-MS Kabupaten Kaur yang di dampinggi lansung oleh ketua umum dari LPK-MS WAJI HERIANTO SAPUTRA SH mengatakan, Dugaan banjir bandang yang menggakibatkan penyempitan pada aliran sungai, Ini sangat merugikan warga masyarakat sekitar aliran sungai jelasnya.

Kemudian ketua DPC LPK MS pauzan mengatakan, Hal itu diduga kuat lantaran banyak hutan gundul dan lahan pohon yang di tebang, Untuk menanam kelapa sawit di lahan yang curam, Saat turun hujan tanah bekas tebangan dan pohon – pohon yang ada di sekitar, Berikut serta bekas galian tersebut, Hanyut dan masuk dalam aliran air sungai yang mengakibatkan penyempitan, Karna tumpukan pohon pohon bekas tebangangan, Ditambah lagi bekas tumpukan galian tanah untuk menanam sawit yang ke bawa arus air saat banjir bandang terjadi, Karna dikala hujan lebat air sungai meluap sampai ke permukiman dan lahan sawah yang mengakibatkan tertimbunnya sawah serta kebun warga masyarakat sepanjang aliran sungai Sambat ucapnya.

Pauzan saat menanyakan ke pada warga masyarakat di sekitar, Di tapsirkan lahan persawahan serta lahan perkebunan masyarakat di Kecamatan Maje dan Nasal yang rusak mencapai Ribuan Hektar dan masyarakat merasa sangat di rugikan, Ujar Ujang warga desa Kedataran saat di tanyakan oleh ketua DPC LPKMS bengkulu.

Pauzan menduga,ini akibat tertimbun nya lahan sawah dan lahan kebun yang merupakan dampak lingkungan akibat di sebabkan pembuatan teras untuk menanam kelapa sawit milik PT.CBS di wilayah kecamatan Maje tandasnya.

Pimpinan perusahaan PT.CBS sampai berita ini di terbitkan, Belum dapat di hubungi oleh awak media, Untuk di komfirmasi di mintai keterangannya

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.