Tokoh

Diskenpang Nias Selatan Tanam Padi Sawah Percontohan

Diskenpang Nias Selatan Tanam
Padi Sawah Percontohan

Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui dinas terkait terus berupaya membantu, mendampingi dan membina para petani dalam program Demfarm padi sawah untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan para petani. Di antara Dinas teknis lainnya, Dinas Ketahanan Pangan (Diskenpang) melakukan pendampingan Kelompok Tani (Poktan) dalam rangka penanaman padi sawah percontohan, di Desa Hilimaniamolo, Kecamatan Luahagundre, Rabu
Dalam kegiatan penanaman padi ini dihadiri antara lain: Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Selatan, Ermanjaya Buulolo,SST., Camat Luahagundre Maniamolo yang diwakili oleh Sekcam Rahmat Yan Putra Lase,SSTP.,M.A.P., Badan Pembina Desa (Babinsa) TNI Kecamatan Luahagundre Maniamolo Serka Ahmad Sanusi Tambaren dan Kopda Harisman Tumanggor, Penjabat Kepala Desa Maniamolo Metuhozaro Moho, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika yang diwakili Plt. Kepala Seksi Layanan Hubungan Media dan Penyediaan Akses Informasi Walaupun Sarumaha,S.Pd., serta PPL Perjuangan Wau dan Ketua Kelompok Tani “Pantang Mundur” Desa Hilimaniamolo Totona Moho.
Selain penanaman padi sawah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Selatan menyerahkan pupuk, obat-obatan dan alat-alat pertanian kepada Pengurus dan Anggota Kelompok Tani “Pantang Mundur” Desa Hilimaniamolo, Kecamatan Luahagundre Maniamolo.
Dalam arahan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ermanjaya Buulolo, menjelaskan kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan Periode 2016-2021 yang sejalan dengan program Nawacita Presiden Ir. Joko Widodo. “Melalui program Demfarm padi sawah ini, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga melalui program ini, para petani lainnya diharapkan dapat mencontohi penerapan teknologi pertanian,” ujar Ermanjaya Buulolo.
Untuk tahun ini, Ermanjaya Buulolo mengatakan ada sembilan kelompok tani dengan sasaran delapan kecamatan yang langsung didampingi dan dibina oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Selatan yang kerjasama dengan para PPL setiap Kecamatan. Ia mengatakan kegiatan Demfarm ini sudah berjalan di tujuh kecamatan, dan tinggal satu kecamatan yang belum dilaksanakan yaitu di Kecamatan Gomo dan ditargetkan pelaksanaannya pada bulan Agustus ini. Luas lahan setiap kelompok masing-masing lima hektar sehingga total luas lahan melalui program Demfarm ini akan mencapai 45 hektar pada tahun 2018. ()

Previous ArticleNext Article