OLAHRAGA

GUBERNUR SUMATERA SELATAN AJAK MASYARAKAT NIAS SUKSESKAN ASIAN GAMES

Palembang, Hak Suara – Pertunjukan Seni dan Budaya Nias yang diadakan di sumatera selatan, tepatnya di Griya Agung-palembang, minggu, 24 juni 2018, di hadirin oleh H. Alex Noerdin ( Gubernur Sumsel ), Mayjen TNI Cristian Zebua, Firman Jaya Daeli dan yang lainnya.

Kegitan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mewariskan seni dan budaya leluhur ( nenek moyang ) kita, agar tidak terlupakan seiring perkembangan zaman, ujar Ketua Panitia Tolosokhi Lase. S. Pd.

Kita sangat berterima kasih kepada Bapak Mayjen Christian Zebua, dan Bapak Firman Jaya Daeli sebagai donatur, dan Kita juga bersyukur kegiatan kita ini berjalan dengan baik, aman dan lancar. Ucap ketua panitia.

Kegiatan seperti ini seharusnya didukung oleh semua kepala daerah dari kepulauan nias, Lanjut Tolosokhi, Namun sungguh disayangkan, Kepala Daerah sekepulauan Nias tidak ada Kontribusi, baik dari 4 Kabupaten dan 1 Kota.

Kalau kita bandingkan, Tambah Tolosokhi, Pak H. Alex Noerdin ( Gubernur Sumatera Selatan ) mengagumi dan mengapresiasi pagelaran seni dan budaya Kepulauan Nias yang diadakan di Griya Agung (Istana Gubernur), Sebagai Apresiasi rasa kagum bapak Gubernur pada kebudayaan Nias yang masih dipertahankan sampai saat ini, beliau menghadiahkan tiket pesawat untuk berlibur ke Nias sebanyak 14 orang untuk melihat destinasi wisata di Nias. Tandasnya.

Saya mengharapkan seluruh masyarakat Nias yang ada di Sumsel berperan aktif mendukung dan mensukseskan Asian Games dipalembang. Pasalnya, selain membawa nama baik bangsa Indonesia, dengan event olahraga, Sumsel mendapatkan banyak manfaat, Namun sangat disayangkan, sampai saat ini seluruh kepala daerah di Nias yang terdiri dari 4 Kabupaten 1 Kota tidak ada dukungan serta kehadirannya, bahkan pernah ada salah satu Bupati Nias mengajak saya ke Nias untuk melihat destinasi wisata Nias, Namun Bupatinya tidak hadir saat pagelaran ini. Ucap Pak H. Alex Noerdin ( Gubernur Sumsel ) dalam pidatonya, dihadapan ribuan masyarakat Nias yang hadir pada pagelaran seni dan budaya masyarakat Kepulauan Nias di Griya Agung.

Ketua masyarakat Nias di Sumsel, Prof.Dr.Fahili Gulo mengatakan seluruh masyarakat Nias yang ada di Sumsel siap mendukung dan mensukseskan Asian Games di Palembang.” Termasuk pelompat Batu dan para penari yang hadir di pagelaran ini, semua siap jika diminta mementaskan Lompat Batu, Seni Tari Nias, baik pada pembukaan maupun penutupan Asian Games,” terangnya.

Penulis : Data Eri Asli Yanto Bawamenewi

Previous ArticleNext Article