Ekonomi dan Bisnis

Habornas Hasilkan Andaliman 1,2 Ton/ hari

Hak Suara-Tobasa.
Wilayah pertanian Habinsaran, Borbor dan Nassau Kabupaten Toba Samosir(Tobasa) setiap hari mengirimkan hasil produksi pertanian jenis ‘Andaliman’ sebanyak 1,2 ton untuk kebutuhan di luar daerah.

“Estimasi 1,2 ton tersimpul karena ada 2 jenis pengangkutan mini bus dan setiap hari beraktivitas dari Habornas dengan muatan hasil bumi jenis andaliman dengan tujuan ke luar daerah” ujar Kepala Dinas Koperindag, Marsarasi Simanjuntak, Senin(6/5/2019) di Balige.

Dia mengatakan, perkiraan jumlah pengiriman sebesar 1,2 ton/hari dengan tujuan ke luar daerah merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat petani sebab pemasaran hasil pertanian tidak hanya di daerah sendiri namun sudah hingga ke daerah perkotaan.

“Tentu dengan pengiriman ke luar daerah sudah dipastikan ada nilai tambah harga yang menguntungkan pihak petani maupun pihak pengirim, ” sebutnya.

Kata Kadis Koperindag Tobasa, andaliman yang juga disebut sebagai bumbu dapur dan memiliki ciri has rasa ketir saat ini semakin diminati banyak orang hingga ke luar negeri.

“Suatu keuntungan yang patut harus dijaga bagaimana kualitas itu tidak menurun,”ucapnya mengimbau petani di Habornas tetap konsisten untuk budidaya tanaman tersebut karena andaliman tidak bisa tumbuh disembarang tempat.

Lanjut Marsarasi, dengan adanya hasil produksi pertanian yang menurut dia adalah istimewa dari daerah lain maka pihaknya sebagi institusi pemerintah tetap komitmen menciptakan inovasi jenis makanan dengan bahan baku andaliman yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh wisata.

“Termasuk saat ini, permen rasa andaliman sudah dalam penjajakan dan kami yakini akan mendapat pasar sebab ciri dan rasanya khas dengan andaliman, ” paparnya. (Denytia)

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.