oleh

HUKUM ALAM DAN PERBUDAKAN

-Berita-26 views

Haksuara.com. Jakarta. HUKUM ALAM ITU SANGAT ADIL DAN RASIONAL DAN MERUPAAKAN HUKUM MORAL YANG BAIK DAN TIDAK PERNAH BERUBAH. 

Hukum alam yang berlandaskan moral (natural moral law) pada hakikatnya berkisar pada ” brbuatlah yang baik dan hindari yang jelek, berkata jujur dan hindari berbohong, berikan orang lain yang menjadi haknya, jangan menipu, jangan membunuh, tepati janji, dan jangan zalim .

Eksistensi hukum alam di sepanjang masa selalu mewarnai dn menberi inpirasi terhadap hukum positif, agar hukum positif selalu berjalan pada rel yang benar, baik ketika dibuatnya undang-undang, ketika dijalankan undang-undang maupun ketika hakim memutus perkara dipengadilan .

Menurut penganut faham liberal (Pejuang kemanusiaan ) JUSTRU HUKUM BUATAN MANUSIA LAH (HUMAN LAW) YANG MEMBUAT MANUSIA  tersebut diperbudak , DAN  dikengkang KEBEBASAN PERIBADI-PERIBADI MEREKA 

tetapi setiap manusia sudah tertanam hukum alam yang adil dan penuh moral yang baik itu.. dan pada saat  kesadaran itu muncul bagi semua manusia  maka  tindkan perbuatan jelek dan buruk akan berhenti dan tumbang. ( MUNIR fUADY 2013/21Teori besar dalam hukum.)

Berita Terbaru