serba serbi

Jajaran Rutan Jeneponto Peringati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019

JENEPONTO, HAKSUARA.COM – Jajaran Rumah Tahanan Negara Kelas II B Jeneponto melaksanakan upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019, di halaman Rutan Tahanan Negara Kelas II B Jeneponto, Senin (28/10/2019).

Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Rutan Kelas II B Jeneponto Muhamad Kameily sedangkan komandan upacara yakni Jufri. Upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 diikuti oleh seluruh petugas Rutan dan juga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Rutan Kelas II B Muhamad Kameily juga menyematkan tanda pangkat kepada 4 pegawai Rutan Kelas IIB Jeneponto.

Dalam upacara tersebut, Kepala Rutan Kelas II B Jeneponto membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olah Raga.

Peringatan ke-91 Hari Sumpah Pemuda ini mengambil tema ‘Bersatu Kita Maju’.

“Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, pada sisi lain memberikan dampak negatif. Informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya bila pemuda tidak membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,” kata Muhamad Kameily Jabar saat membacakan pidato Menteri.

Tema tersebut diperuntukan untuk semua elemen bangsa, khususnya bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju.

Mantan Kepala Rutan Pagar Alam Sumsel tersebut juga menegaskan bahwa pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif, serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Tema tersebut diambil untuk menegaskan komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

“Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertakwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas,” katanya.

Pemuda juga diharapkannya memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional, pungkasnya. (Lau)

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.