serba serbi

Jelang Idul fitri Sidak Pasar dan pedagang Takjil Oleh Badan POM Toba Samosir

Balige-Hak Suara. Jelang hari raya Idul fitri oleh Tim pengawas obat dan makanan Kabupaten Toba Samosir melakukan Sidak terpadu bersama jajaran pimpinan pemerintahan daerah kabupaten Toba Samosir ke pasar tradisional Balige.

Sidak terpadu ini, mulai dilakukan tanggal 26 sampai 27 Mei 2019 terhadap makanan olahaan Takjil menu buka puasa, ikan asin, ikan laut, produk kemasan dipasar tradisional Balige.

Menurut penuturan kepala Lokal POM Toba Samosir, Ashadi mengatakan bahwa Tim mereka melakukan pengawasan dan pemantauan mutu dan kwalitas makana sehat yang layak konsumsi di Pusat kota Balige dan pasar tradisional untuk memastikan apakah ada makanan yang terkontaminasi dengan bahan pengwet, zat pewarna dan makanan kedaluarsa.

“Tim kita mulai kemarin sudah melakukan pemeriksaan terhadap makanan olahaan Takjil menu buka puasa yang di jual di kios-kios. Semua makanan takjil yang di jual aman untuk di konsumsi, tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Hari ini, kami bersama jajaran pemerintah daerah Toba Samosir yaitu Wakil Bupati, dinas Perindakkop, dinas kesehatan, bagian perekonomian, polisi pamong Praja serta dari instansi kepolisian dan TNI melakukan Sidak harga sembako, gas elpiji dan bahan makanan layak konsumsi dipasar tradisional Balige” kata kepala lokal POM Toba Samosir Ashadi ketika diwawancarai awak media, Senin 27/5/2019.

“Kita melakukan tugas pengawasan makanan secara langsung terhadap produk pangan dan produk kemasan. Manakala ditemukan produk yang tidak memenuhi syarat yaitu tanpa izin edar, label yang rusak atau kedaluarsa dan menggunakan bahan pengwet, zat pewarna yang tidak bisa dikonsumsi, maka kita memberikan teguran dan penjelasan kepada pedagang agar tidak menjual makanan tersebut. Bila tetap membandal, kita akan tindak tegas dan serahkan kepada pihak kepolisian” kata Ashadi menambahkan.

Dari hasil pemantauan dan pemeriksaan makanan olahaan, produk kemasan, dengan mengunjungi beberapa kios dan toko grosir yang ada di pasar tradisional Balige, tidak ditemukan bahan-bahan makanan yang mengandung zat kimia berbahaya dan produk kemasan yang kedaluarsa” kata Ashadi kepala lokal POM Toba Samosir menjelaskan hasil pemeriksaan dan pengawasan yang mereka lakukan. (Denni)

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.