Pemilu dan Pilkada

Jelang Pilgubsu, Bupati Kukuhkan Linmas 678 Orang

PEMBEKALAN/PELATIHAN ANGGOTA PERLINDUNGAN MASYARAKAT (LINMAS) KABUPATEN NIAS UTARA TAHUN 2018

Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara membuka secara resmi acara Pembekalan/Pelatihan Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kabupaten Nias Utara Tahun 2018 yang dilaksanakan di Aula pertemuan Kantor Camat Lahewa difasilitasi oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Nias Utara. Pada acara tersebut dihadiri oleh Kasatpol PP Kabupaten Nias Utara

Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Nias Utara sekaligus Ketua Panitia pelaksana kegiatan Saptipas Zalukhu SH melaporkan bahwa pelaksanaan pelatihan bagi Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dimaksudkan untuk menambah wawasan dan pemahaman tentang tugas dan fungsi Linmas Kabupaten Nias Utara dalam menghadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018. Lanjut dilaporkan juga waktu pelaksanaan dimulai tanggal 02 Juni 2018 sampai dengan 22 Juni 2018 yang dipusatkan di 4 (empat) tempat yakni Kecamatan Alasa, Kecamatan Lahewa, Kecamatan Tuhemberua dan Kecamatan Lotu yang pesertanya diikuti oleh Linmas Desa/Kelurahan sebanyak 678 (enam ratus tujuh puluh delapan) orang.

Arahan dan bimbingan Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara menjelaskan bahwa suksesnya pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tidak hanya menjadi tanggungjawab Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) selaku penyelenggara, tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama baik pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat. Kita ketahui bersama Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, guna mengurangi akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, termasuk melaksanakan penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum. Dengan begitu penting dan besarnya peran Linmas ini kepada pengabdian masyarakat, bangsa dan negara maka sangat bijaksana jika pemerintah memberikan perhatian serta mengapresiasi peran mereka selama ini. Untuk itu Satuan Linmas sebagai pengorganisasian masyarakat dalam pembelaan negara terpanggil untuk ditugasi membantu aparat pemerintah dalam pengamanan penyelenggaraan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018, baik pengamanan ditempat pemungutan suara (TPS) maupun pengamanan secara umum. Oleh karena itu Bupati Nias Utara berpesan, pertama agar satuan Linmas yang mengikuti pembekalan/pelatihan pada hari ini agar mengikutinya dengan sebaik-baiknya sehingga mampu menjalankan tugas yang telah dibebankan dan mampu memberikan pelayanan keamanan dan kenyamanan langsung pada masyarakat. Kedua agar bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, ikhlas dan penuh tanggungjawab sesuai dengan fungsi dan tugas Linmas berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ketiga agar sebagai anggota Linmas yang merupakan mitra masyarakat harus dapat membangun komunikasi yang harmonis, sekaligus bersama bersinergi dengan anggota Satuan Polisi Pamong Praja.

Selanjutnya arahan dan bimbingan Bupati Nias Utara menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta rasa terimakasih kepada anggota Linmas Kabupaten Nias Utara, kedepan Pemerintah Kabupaten Nias Utara akan terus berupaya untuk meningkatkan peran Linmas dalam mewujudkan masyarakat yang tertib dan tentram dengan melakukan upaya dan langkah-langkah lain yang dilaksanakan secara berkesinambungan dan dengan melibatkan jajaran pemerintah yang berkaitan dengan pembinaan Linmas.

Akhirnya, dengan memohon Ridho Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bupati Nias Utara membuka secara resmi Pembekalan/Pelatihan Anggota Perlindungan Masyarakat Kabupaten Nias Utara Tahun 2018.

Previous ArticleNext Article