Budaya dan Wisata

Kapolda dan Gubernur Sulsel Siap Hadir di Perayaan Maulid Besar Cikoang

TAKALAR, HAKSUARA.COM – Perayaan Maulid Besar Cikoang atau Ma’udu Lompoa ri Cikoang akan dihelat pada hari.Selasa (26/11/2019) besok.

Perayaan Maulid Besar Cikoang ini kegiatan sudah jadi agenda Nasional  dilaksanakan setiap tahunnya dan dikunjungi berbagai kalangan dalam
perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini.

Agenda Tahunan Maulid besar Cikoang penutup dari semua rangkaian maulid digelar oleh masyarakat. Kegiatan dipusatkan di Desa cikoang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar.

“Seperti tahun sebelumnya bahwa kegiatan maulid besar ini ratusan perahu kecil sudah dihias pertanda semaraknya perayaan Maulid besar Cikoang dan juga pembacaan surat albaransanji atau a’rate,”ujar Muh Yunus Aidid Karaeng Sibali, Minggu (24/11/2019).

Muh Yunus Aidid, mengatakan perayaan Maulid Cikoang Insya Allah akan dihadiri langsung bapak Gubernur Sulsel Prof Dr Nurdin Abdullah, Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Ny. Lies F Nurdin.

“Turut hadir Kapolda Sulsel Irjen Pol
Mas Guntur Laupe, dan Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Adna,” ujarnya.

Sementara yang lainnya ikut hadir yakni orang nomor satu satu Kabupaten Takalar Syamsari Kitta yang akan mendampingi Bapak Gubernur dan Kapolda Sulsel dan sekaligus memberikan sambutan.diperayaan maulid besar Cikoang.

Pelaksanaan kegiatan sebagai manifestasi terhadap  kecintaan bagi Rasullullah SAW dandikemas secara adat.

“Ma’udu Lompoa digelar dengan iring-iringan dan simbol-simbol adat perahu hias  beraneka ragam kain sarung, dan dipamerkan di tepi sungai Cikoang ” jelasnya.

Di dalam perahu atau  julung – julung  disimpan makanan nasi ketan khas Makassar atau biasa disebut Songkolo, dihias telur berwarna-warni.

“Sajian makanan ini sebagai aktualisasi   kecintaan  terhadap ajaran Nabi yang membawa berkah bagi masyarakat Cikoang,” pungkasnya. (Jahar)

Previous ArticleNext Article

31 Comments

  1. Hi! This is my 1st comment here so I just wanted to give a quick shout out and say I truly enjoy reading through your blog posts. Can you recommend any other blogs/websites/forums that deal with the same topics? Thanks a ton!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.