Kapolres Jeneponto Bersama Dandim 1425 Gelar Bersih-bersih Pantai Kaloko Jeneponto

    JENEPONTO, HAK SUARA.COM – Kapolres Jeneponto AKBP Hery Susanto dan Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf. Irfan Amir menggelar bersih-bersih pantai, di Pantai Kaloko, Desa Pao, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Minggu (18/8/2019).

    Kegiatan ini merupakan program Nasional Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia yang secara serentak dilakukan di 74 titik Pantai di Indonesia, termasuk pantai di Jeneponto.

    Adapun lembaga dan komunitas yang ikut melaksanakan bersih-bersih pantai dan laut yang jumlahnya sekitar 200 (dua ratus) orang yaitu Personil Polres Jeneponto 50 orang, Dinas Kelautan dan Perikanan Jeneponto, Dinas Lingkungan Hidup, Bhayangkari Polres Jeneponto 100 orang,
    Persit Kodim 1425/Jeneponto 15 orang,
    KP3, Balang Institute, Karang Taruna Pao,Pemerintah Desa Pao, BPD Desa Pao, Thamvilo, Pemerintah Kecamatan Tarowang, Pakoko dan
    Shine Think.

    Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan bahwa Gerakan “Menghadap Laut” ini diselenggarakan sekaitan dengan banyak ikan mati diakibatkan karena memakan sampah plastik, dan ini merupakan Program Nasional Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dilaksanakan hari ini di beberapa titik secara serentak di seluruh Indonesia

    Selain itu, Kepala Desa Pao menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen yang ikut berpartisipasi sehingga kegiatan ini bisa diselenggarakan di Desa Pao.

    “Saya atas nama Pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan ini dan terhusus kepada Ibu Kapolres (Ibu Vera) yang telah bersusah payah sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan semeriah ini, tuturnya.

    Sementara itu, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Jeneponto Hartawan mengatakan dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi dampak buruk bagi kehidupan ekosistem laut.

    “Jeneponto punya laut biru nan cantik yang butuh di jaga kebersihannya. Hanya saja dari segi kebersihan pantai, tidak menjadi perhatian aparat pemerintah”, imbuh Hartawan.

    Dia mengatakan dengan adanya kegiatan ini, aparat pemerintah dan masyarakat setempat peduli terhadap kebersihan pantai dari sampah, terutama dari sampah plastik yang mengakibatkan ekosisten laut rusak dan bahkan dapat menyebabkan ikan-ikan mati, jelas Hartawan.

    Kegiatan menghadap laut, sambil bersih bersih pantai ini dihadiri ratusan peserta dari berbagai unsur, diantaranya, unsur TNI/ Polri, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat. “Kami atas nama pemerintah Kab Jeneponto mengucapkan banyak terima kasih”, tandasnya.

    Di tempat yang sama Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf. Irfan Amir mengatakan bahwa di Kabupaten Jeneponto ini masyarakatnya sudah tidur diatas sampah plastik, maka dari itu saya sangat mengapresiasi dan sangat mendukung kegiatan ini, pungkasnya. (Lau)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here