Ketua JOIN Jeneponto : Refleksi 17 Agustus, Momentum Spirit Bagi Jurnalis

    JENEPONTO, HAK SUARA.COM – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Jeneponto Arifuddin Lau meminta kepada jurnalis baik media online, cetak maupun elektronik untuk menjadikan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-74 sebagai momentum untuk melakukan evaluasi diri atas apa yang telah diberikan kepada negara untuk kemajuan bangsa.

    “Bagi jurnalis ataupun wartawan, peringatan HUT Kemerdekaan RI setiap tahunnya harus dimaknai sebagai bentuk evaluasi terhadap diri atas peran dan fungsi sebagai jurnalis dengan tetap menyajikan berita yang jauh dari konten hoaks dan ujaran kebencian. Seyogyanya, kerja dan tanggung jawab yang diemban merupakan implementasi dari ungkapan rasa syukur atas telah diraihnya kemerdekaan bangsa ini,” kata Arifuddin.

    Mantan Anggota DPRD Jeneponto ini menambahkan, jurnalis juga harus menyadari tantangan yang akan dihadapi ke depan sehingga dibutuhkan kemampuan yang dapat menginspirasi dalam kemajuan Bangsa dengan sebuah tulisan.

    “Seorang jurnalis harus mempunyai kesadaran bahwa permasalahan dan tantangan yang dihadapi dari waktu ke waktu akan semakin dinamis dan kompleks.  Bangsa kita ini membutuhkan inspirasi dengan sebuah berita yang positif dan saya berharap inspirasi dan keteladanan dengan menyajikan berita yang berimbang terus kita gelorakan,” ungkapnya.

    Tak hanya itu, Arifuddin juga meminta jurnalis harus mampu menjadi role model yang dapat mengawal Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan mempertahankan NKRI.

    “Selain itu, tanggung jawab, fungsi seorang jurnalis sebagaimana dalam UU No.40 Tahun 1999 tentang Pers harus di junjung tinggi dalam menjalankan tugas sebagai seorang jurnalis. Jika kita mampu melakukan pekerjaan dengan baik dan penuh inovasi, niscaya bangsa ini akan menjadi bangsa yang berprestasi dan itu tidak terlepas dari peranan dari awak media, tandasnya. (Lau)

    om

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here