Hukum dan Kriminal

LPK-MS,”DUGAAN PENCEMARAN LINGKUNGAN LIMBAH CPO MEMBAHAYAKAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT

Hak Suara Bengkulu Kabupaten Kaur l Limbah pabrik CPO PT.Ciptamas Bumi Selaras sepertinya menimbulkan dampak lingkugan yang membahayakan bagi warga masyarakat, Khusus yang berada di pingir aliran sungai tempat pembuagan limbah. 17/07/19

Pembuangan limbah pabrik CPO diduga tidak mengacu pada analisis dampak lingkungan (amdal), Limbah pabrik CPO seyogya nya di buang di aliran sungai kulik besar menggunakan pipa/paralon dengan alat pompa mesin.

Masyarakat berharap pabrik CPO membuang limbah mengacu pada amdal, Bila perlu menggunakan kanal sendiri sehingga tidak menimbulkan dampak bagi masyarakat.

Ironisnya pabrik CPO PT.CBS membuang sebagian limbah di anak sungai ” PERUMBAIAN ” dan diduga kuat menimbulkan dampak lingkungan.

Salah satu pemilik lahan dan kebun sawit seluas 1.5 hektar yang berisi sekitar 158 pohon sawit menjelaskan, Pohon kelapa sawit saya sudah ada yang mati dan daun pohon sawit mulai bercak berwarna kuning di duga akibat air kotoran limbah CPO, Saya melihat air perumbaian berwarna kehitam-hitaman dan air tersebut diduga berbau busuk dan terasa gatal kalau terkena kulit dan menimbul kan penyakit jelasnya.

Ia menambahkan, Masyarakat yang memiliki lahan kebun dan sawah sepanjang anak sungai Perumbaian pada hari Selasa kemaren tanggal 16 Juli 2019 beramai-ramai datang ke pabrik (perusahaan) untuk meminta tanggung jawab atas dugaan dampak lingkungan di sepanjang aliran sungai perumbaian, Yang dapat menimbulkan penyakit buwat warga masyarakat yang berada di lingkungan sekitar ujarnya.

Dinas LHK Bengkulu sebaiknya rutin melakukan pengawasan minimal sebulan sekali, Apalagi anak sungai perumbaian menjadi sumber untuk menggairi sawah masyarakat di sekitar nya pungkas Hamdan.

Ketua DPC.LPK-MS Kabupaten Kaur menegaskan pemilik pabrik CPO harus memikirkan masyarakat jangan sampai sebaliknya malah menyusahkan masyarakat, Ini bahaya jangan di anggap sepele, Saya tegaskan pimpinan PT.CBS Ipan Roi sulit sekali di temui ujar Fauzan

Pihak pabrik CPO sampai berita ini di turunkan belum dapat memberikan jawaban atau keterangan nya, Atas kisruh dan kejadian ini, Saat di komfirmasi oleh awak media.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.