Pendidikan dan Teknologi

Mahasiswa Profesi Ners STIK Famika Makassar Angkatan XIV PBL di Kabupaten Kepulauan Selayar

SELAYAR – Sebanyak 84 orang mahasiswa program studi Profesi Ners Angkatan XIV Tahun 2019, Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIK) Famika Makassar, Sulawesi Selatan melakukan Praktek Belajar Lapangan (PBL) di Kabupaten Kepulauan Selayar. Para mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa reguler dan mahasiswa jalur kerja ini akan melakukan PBL selama 5 minggu terhitung dari Tanggal 1 April sampai dengan 4 Mei 2019.

Lokasi PBL mahasiswa, di tempatkan pada 2 desa yakni Desa Bontotangnga dan Desa Bontosunggu Kecamatan Bontoharu.

“Mahasiswa siswa kami pada prakteknya satu mahasiswa akan membina satu keluarga. Pembinaan asuhan keluarga, meliputi anak usia sekolah, anak usia balita, ibu hamil dan menyusui, serta lansia,” kata Ketua STIK Famika Makassar Dr. Yudit Patiku, S.Si., S.Kep., Ns., M.Kes., saat menyerahkan secara resmi mahasiswa PBL kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, di Baruga Rumah Jabatan Bupati, Senin (1/4/2019).

Kompetensi para mahasiswa, kata Yudit Patiku, tidak diragukan lagi, terlebih ada 20 orang diantaranya sudah dari jalur kerja.

“Sudah beberapa tahun diantaranya sudah bekerja di rumah sakit dan puskesmas, bahkan dua orang sudah jadi calon kepala puskesmas,” jelasnya.

Sebagai dosen dan pembimbing, Yudit berharap agar mahasiswa dapat menerapkan ilmunya dengan sebaik mungkin di lapangan, serta kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar ia juga mengharapkan bimbingan dan arahan kepada mahasiswa, khususnya bagi mereka yang akan terjun langsung di lapangan.

Sementara Asisten Ekbang dan Kesejahteraan Ir. H. Arfang Arif yang mewakili Bupati Kepulauan Selayar mengucapkan terima kasih kepada ketua dan mahasiswa STIK Famika karena telah memilih Selayar sebagai lokasi PBL. Kepada Camat Bontoharu dan Kepala Desa yang wilayahnya dijadikan lokasi PBL, diminta untuk memfasilitasi para mahasiswa PBL apapun itu terkait kesuksesan kegiatannya.

“Pak Camat kalau bisa setiap pekan menyampaikan laporan kepada saya terkait perkembangan kegiatan PBL mahasiswa. Jadikan mereka sebagai keluarga selama ada di Selayar,” pinta Arfang Arif.

Terkait dengan Kegiatan PBL ini, Asisten Ekbang dan Kesejahteraan mengimbau agar pihak RSUD Kh. Hayyung, dan Dinas Kesehatan Kepulauan Selayar, turut melakukan pemantauan selama kegiatan berlangsung.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.