serba serbi

Manfaat Black Garlic Untuk Kesehatan

Hak suara.com,-  Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang hitam (black garlic) jika dikonsumsi oleh tubuh kita :

1. Sebagai pencegah dan penangkal penyakit kanker

Menurut penelitian ada suatu senyawa yang terkandung dalam bawang hitam. Yaitu bernama sulfide alil.Sulfide alil adalah senyawa organsulful yang terdapat pada bawang putih.Dalam beberapa riset ilmiah, sulfide alil adalah komponen utama yang mampu mengatasi penyakit kanker. Pengaruh senyawa ini terhadap pertumbuhan sel kanker jauh lebih kuat dibandingkan sel normal.Sehingga bila diaplikasikan sesuai dosis maka akan mengaktifkan enzim dan memperhambat serta bahkan menghancurkan sel kanker.

2. Menurunkan kadar tekanan darah tinggi

Telah banyak riset yang membuktikan fungsi dari bawang putih begitu juga dengan bawang hitam. Kedua jenis obat herbal ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi seseorang. Menurut sumber WebMD menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi bawang hitam secara rutin mampu menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%.

3. Mengandung senyawa antioksidan

Dalam bawang putih hitam, S-allylcysteine membantu penyerapan allicin sehingga metabolisme perlindungan terhadap infeksi bakteri menjadi lebih mudah (Abusufyan, 2012).Black garlic mempunyai aktivitas antioksidan lebih kuat dari bawang putih sehingga bisa digunakan untuk mencegah komplikasi diabetes.Black garlic memiliki sifat antibakteri lebih kuat, serta antioksidan 2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih biasa karena mengandung S-allycysteine (Anonim, 2013).Dengan adanya senyawa antibakteri yang lebih tinggi dari bawang putih diharapkan dapat lebih efektif untuk mengatasi prokariotik patogenik penyebab penyakit.

4. Memangkas kolesterol jahat dalam tubuh

Kolesterol merupakan awal dari penyakit jantung. Untuk mengatasi hal ini maka bisa mengkonsumsi bawanghitam yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.Cara kerja yaitu obat ini akan memangkas LDL yang mengendap dalam tubuh dan dibuang melalui tinja. Namun tidak bekerja pada HDL sehingga tubuh akan tetap sehat.Dengan konsumsi bawang hitam maka secara tidak langsung akan meningkatkan produksi insulin. Dimana fungsi insulin ini ialah dapat membantu mengurangi kadar gula darah.

5. Obat awet muda dan panjang umur

Memang namanya umur adalah rahasia Allah. Akan tetapi tidak ada salahnya bagi manusia untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Terlebih jika membantu dapat memanjangkan umur dan tetap awet muda.Salah satu obat herbal tersebut ialah bawang hitam . Dengan konsumsi bawang hitam maka secara tidak langsung akan mengganti sel yang rusak dan terhindar serangan jantung dan kanker. Bila kita bisa mencegah penyakit-penyakit ini maka bisa jadi badan tetap sehat dan panjang umur.

6. Obat sakit gigi

Sakit gigi yang diderita manusia pada umumnya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh dalam mulut. Untuk mencegah hal ini maka bisa konsumsi bawang hitam yang memiliki anti virus dan anti bakteri sehingga mampu membasmi menghilangkan bakteri yang berada dalam mulut. Selain dari pada itu ada senyawa analgesik yang sangat berperan penting untuk mengatasi sakit gigi.

7. Mengandung senyawa Allicin digunakan untuk obat

Allicin ialah senyawa aktif yang terkandung pada bawang hitam berfungsi sebagai anti bakteri dan meregenerasi sel yang tidak aktif pada tubuh.Sejumlah risel ilmiah telah mmebuktikan khasiat bawang hitam ini diantaranya ialah anti kanker, obat diabetes, hipertensi, kaya antioksidan dan lain sebagainya.Setelah mengalami proses fermentasi yang cukup lama bau tak sedap yang dimiliki oleh bawang putih akan berubah menjadi rasa manis dan bau sedap.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.