serba serbi

Manfaat Buah Salak Yang Mungkin Anda Tidak Ketahui Sebelumnya

Hak suara.com,- Salak adalah buah asli Indonesia,yang mudah sekali kita temukan baik di pasar maupun di supermarket di sekitar kita.Mengonsumsi 100 gram buah salak, Anda bisa mendapatkan gizi sebanyak berikut ini :

  • Zat besi,vit B1,vit c,karbohidrat,kalsium,fosfor,protein,lemak dan serat makanan.

Manfaat salak itu sendiri bagi tubuh kita adalah :

Kandungan seratnya baik untuk pencernaan

Buah salak adalah salah satu buah yang mengandung nutrisi padat  terdiri dari kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta karoten. Karena beberapa nutrisi tersebut, buah salak memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.Contohnya, kandungan tanin yang berfungsi sebagai obat anti diare. Tanin juga bisa mengatasi gangguan pencernaan lainnya. Disarankan untuk mengonsumsi buah salak bersamaan dengan kulit halusnya (epidermis) guna mencegah sembelit.

Meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh

Buah bersisik yang padat nutrisi ini mampu membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan antioksidan pada buah salak dapat membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan tubuh.Lalu, buah salak juga mengandung zat beta karotene. Beta karoten merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular,stroke, dan bahkan kanker.

Bagus untuk program diet

Salak mengandung banyak antioksidan, serat, kalsium, dan karbohidrat, sangat disarankan dalam program diet.Kadar kalsium dan karbohidratnya memberi kita energi yang cukup mengimbangi makanan kita.Salak adalah salah satu sebagai camilan yang pas untuk mendukung kebutuhan energi tubuh saat diet.

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan potassium dalam salak dapat menjaga kesehatan jantung, terutama bagi mereka yang menyukai kopi, rokok, makanan berminyak, renta terkena gangguan  kardiovaskular. Mengonsumsi buah salak setiap hari sangat membantu.

Selain itu salak juga mengandung kalium, antioksidan dan mineral berfungsi untuk mengatur kesehatan jantung dan pembuluh darah.Salah satu fungsi kalium adalah untuk membantu mengirimkan impuls saraf yang memengaruhi detak jantung. Asupan kalium yang cukup sangat penting bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, gagal jantung, atau masalah pada detak jantung.

Menyeimbangkan kadar gula darah 

Manfaat kesehatan lainnya dari salak adalah menyeimbangkan kadar gula darah kita, kulitnya bisa dijadikan teh yang sangat berguna untuk meningkatkan proses pembaharuan sel pankreas.Salak juga mengandung pterostilbene yang sangat berguna untuk menurunkan gula darah di tubuh kita.

Menjaga kesehatan mata 

Salak mengandung vitamin A dan juga beta karoten yang dapat menjaga kesehatan mata, mengonsumsi salak secara teratur adalah pilihan lain selain wortel atau jus tomat.Cukup campurkan daging buah salak dan buat menjadi jus, manfaatnya sama dengan wortel dan jus tomat.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.