Ekonomi dan Bisnis

Masyarakat Keluhkan Kenaikan Harga Bawang Putih Dan Cabe Merah Yang Melambung Tinggi

Masyarakat Keluhk
Balige-Hak suara. Kenaikan harga beberapa bumbu dapur di pasar tradisional Balige berdampak signifikan terhadap komoditi Pedagang sayuran, Pedagang makanan dan kepada ibu rumah tangga di Balige.

Warung makan Soponyono salah satu pedagang makanan di Balige mengeluh dengan kenaikan harga bumbu dapur jenis Bawang putih, cabe merah, cabe hijau dan harga tomat yang melambung tinggi. Sementara bumbu dapur ini merupakan kebutuhan utama dalam bumbu racikan masakan.

“Sekarang kami tidak bisa beli banyak bumbu dapur untuk persediaan. Kami hanya membeli kebutuhan warung untuk sehari saja, menunggu harga normal. Kami membeli bawang putih 2 kg, cabe merah 3kg, cabe hijau 2kg dan tomat paling 2 kg saja yang sebelumnya diatas 10 kg” keluh ira di warung jualannya Soponyono di Komplek PM Balige, hari Jumat, 10/5/2019.

“Walaupun harga bumbu dapur naik, kami belum bisa menaikkan harga makanan perporsinya, melihat kondisi masyarakat yang masih susah ekonominya” kata Ira menambahkan.

Sementara Rosida Hutapea (48) selaku ibu rumah tangga, sangat terkejut mendengar harga bawang putih, cabe merah dan harga tomat naik drastis saat belanja mingguan di pasar tradisional Balige tadi siang.

” Saya tidak menyangka, harga tomat, cabe dan bawang putih melambung tinggi. Saya hanya bawa uang belanja dari rumah 300rb rupiah untuk keperluan belanja satu minggu, nggak tahunya harga bumbu dapur naik. Terpaksa saya harus membeli keperluan dapur seadanya saja, biar cukup untuk keperluan belanja lainnya” keluh Rosida Hutapea saat belanja cabe merah di pasar tradisional Balige.

Akibat kenaikan harga bawang putih, cabe dan Tomat yang melambung tinggi seorang pedagang sayur di pasar tradisional Balige Romanna Pasaribu(42) juga ikut mengeluh akibat penjualan dagangannya turun drastis.

Dia mengakui, Penjualan khusus bumbu dapur jenis Cabe, bawang putih dan Tomat turun drastis karena orang yang belanja dikiosnya, membeli dalam jumlah kecil akibat kenaikan harga yang cukup tinggi.

“Saya berharap supaya pemerintah, secepatnya mengatasi permasalahan harga yang melambung tinggi agar aktivitas perekonomian di pasar tradisional Balige kembali normal” kata Romanna Pasaribu

Hari Jumat 10/5/2019 di pasar tradisional Balige kabupaten Toba Samosir, harga bumbu dapur Jenis Bawang putih tembus harga 80 ribu/kg dari harga sebelumnya di kisaran 40ribu/kg, harga cabe merah 50ribu/kg dari harga sebelumnya 30 ribu/kg. Harga Cabe hijau 40 ribu/kg dari harga sebelumnya 25 ribu/kg, dan harga tomat 14 ribu/kg dari harga sebelumnya 10ribu/kg. (Denytia)

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.