serba serbi

MENGAPA ORANG KAYA SEMAKIN KAYA & ORANG MISKIN TETAP MISKIN

hak suara , Cara Anda menghabiskan uang bisa jauh lebih penting dari cara Anda menghasilkan uang. orang miskin hanya berpikir mencari uang, uang, dan uang. Tetapi setelah mendapatkannya (uang), mereka tidak tahu harus berbuat apa. Jika orang miskin diberikan uang 1 milyar cuma-cuma, kemungkinan besar mereka akan menghabiskannya begitu saja seperti kasus gelandangan diatas. Bayangkan sekarang Anda memiliki uang 100 juta, apa yang akan Anda lakukan?

Orang miskin berpikir jangka pendek, mereka mencari uang yang hasilnya bisa cepat didapatkan, membeli produk/barang yang bisa langsung dihabiskan, dan hanya fokus mencari uang sebanyak-banyaknya (terpatok pada jumlah uang, karena berpikir kekayaan adalah memiliki banyak uang).

Sedangkan orang kaya berpikir jangka panjang, mereka tahu uang bukanlah kekayaan yang sebenarnya, mereka mencari value, membeli sesuatu yang bisa menghasilkan value (aset), dan fokus pada memaksimalkan value yang bisa mereka raih.

 

Orang kaya akan membuat dirinya dibutuhkan. Saya katakan “membuat” artinya mereka tidak dibutuhkan sebelumnya tetapi ada cara yang mereka lakukan untuk mengubahnya.

Contoh begini saja, jaman dahulu orang-orang tidak perlu yang namanya handphone, toh orang masih bisa hidup normal tanpa HP, tetapi ada orang-orang (industri) yang membuat HP “seolah” menjadi barang wajib untuk dimiliki sampai-sampai akan sulit sekali hidup dijaman sekarang tanpa HP.

Artinya mereka berhasil membuat dirinya dibutuhkan padahal dulu orang-orang juga tidak begitu butuh yang namanya handphone, keadaan yang semakin mendorong (tuntutan jaman) membuat kita mau tidak mau harus memiliki sebuah handphone untuk bisa hidup layaknya orang normal.

It’s not about money, but needs and value.Anda harus membuat orang lain membutuhkan Anda, jika tidak, maka cari cara supaya mereka menjadi butuh.

Anda perlu perhatikan 2 hal yaitu:

  1. Relevansi
  2. Kompetisi

(1) Jangan lakukan sesuatu yang tidak dibutuhkan orang termasuk jika itu adalah passion Anda. Alternatif lainnya adalah cari cara supaya passion Anda dibutuhkan orang. Dalam konteks mencari uang, jangan terlalu terpaku pada passion, faktanya dalam hidup Anda bisa memiliki puluhan sampai ratusan passion.

(2) Fokus pada kelebihan Anda, semua orang mencari uang, semua orang berkompetisi membuat dirinya dibutuhkan oleh orang lain, karena itu mereka yang menang adalah mereka yang memiliki kelebihan dibanding yang lainnya (bukan sekedar suka/passion), cari apa kelebihan Anda dan gunakan itu untuk membantu orang lain.

Tanyalah:

  • Mengapa orang lain membutuhkan saya?
  • Jika tidak, bagaimana caranya supaya mereka menjadi butuh?
  • Apa kelebihan yang bisa saya tawarkan?

 

Ada kompetisi artinya ada sesuatu yang worth to fighting for, tempat terbaik membuka restoran baru adalah disebelah restoran yang sudah sukses. Mereka sudah dengan baik hati membangun audience/pengunjung, yang perlu Anda lakukan hanyalah menjadi berbeda (jika tidak bisa lebih baik) dan tawarkan value lebih yang bisa Anda berikan.

 

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.