SERBA SERBI

Mudah Sakit Saat Musim Hujan, Konsumsi 9 Hidangan Ini

Kesehatan – Musim hujan dapat menurunkan proses metabolisme dan meningkatkan kadar lemak yang disimpan di dalam tubuh. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga akan menurun selama musim hujan dan ini dapat membuat Anda berisiko terkena infeksi.

Mudah Sakit Saat Musim Hujan, Konsumsi 9 Hidangan Ini
Mudah Sakit Saat Musim Hujan, Konsumsi 9 Hidangan Ini – Sourc: Internet

Untuk itu, ada baiknya Anda memilih makanan yang akan membuat tubuh energik dan terhidrasi sekaligus memberikan banyak nutrisi.

Ada beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi saat musim hujan. Berikut sembilan di antaranya, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Air

Kemungkinannya, tubuh Anda akan kurang asupan cairan selama musim hujan. Pastikan bahwa Anda menjaga asupan air dan minum dengan cukup. Selain itu, cobalah untuk minum air yang direbus dan disaring untuk menghindari infeksi.

Makanan yang dikukus

Makanan terbaik di musim hujan adalah makanan yang dikukus. Pastikan bahwa Anda menghindari makanan berminyak dan diolah dengan cara digoreng. Makanan yang dipanggang juga dianggap sempurna untuk musim hujan. Makanan ini sangat baik untuk pencernaan.

Makanan kaya antioksidan

Makanan yang kaya antioksidan akan membantu melawan radikal bebas, menjaga diri dari penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa pilihan yang bisa dikonsumsi adalah labu, paprika dan buah.

Jus

Jus ialah salah satu minuman terbaik di musim hujan. Mengonsumsi jus juga menjadi cara yang baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Anda dapat memilih buah-buahan dan sayuran untuk membuat jus.

Buah

Konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C, karena akan memberi Anda kekebalan tubuh. Beberapa pilihan yang dapat Anda coba adalah buah delima, kiwi dan jeruk. Jika Anda rentan terhadap cuaca dingin atau demam selama musim hujan, hindari buah yang kaya air.

Sayuran

Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk musim hujan. Anda perlu memastikan bahwa sayuran yang Anda makan benar-benar matang sebelum dikonsumsi. Pastikan bahwa Anda mencucinya dengan baik sebelum dimasak.

Makanan yang dimasak dengan baik

Terlepas dari makanan yang Anda makan, pastikan bahwa apapun makanannya, Anda harus memasaknya dengan baik. Cobalah untuk menghindari makanan yang mentah selama musim hujan.

Daging

Pastikan daging dimasak dengan cara yang sehat dan mengandung sedikit minyak. Panggang dan rebus daging. Sebaiknya Anda tidak menggorengnya. Jangan lupa hindari bagian daging yang memiliki banyak lemak.

Minuman hangat

Menjaga tubuh Anda tetap hangat selama musim hujan adalah hal yang penting. Coba konsumsi air jahe, teh lemon atau teh hijau. (Source: Internet)

Previous ArticleNext Article