Pendidikan dan Teknologi

Mutu Pendidikan Sumut ,LPMP dikukuh Kan Gubernur

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) terus berupaya melakukan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan memperkuat Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumut. Lembaga ini diharapkan dapat menetapkan standar mutu yang harus dicapai sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas.

Harapan itu disampaikan Gubsu, Dr Ir H T Erry Nuradi, MSi saat melantik Tim Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Daerah Provinsi Sumut, di Ruang Lumban Tobing Lantai 8, Kantor Gubernur Sumut, Medan,

“Tim ini nantinya akan bertugas untuk membantu Pemerintahan Provinsi Sumut dalam mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas di Sumut. Apalagi kita sudah memasuki era perdagangan bebas, tentu ada standar-standar dan kualifikasi yang harus kita capai di bidang pendidikan, khususnya dalam rangka menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang beradaya saing, bukan hanya nasional tapi juga internasional,” ujar Erry.

Penjaminan mutu pendidikan merupakan amanat dari Undang-Undang (UU) No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah (PP) No.13 tahun 2015. “Sesuai dengan UU dan PP tersebut, Pemprov ditugaskan untuk mensupervisi dan membantu satuan pendidikan yang berada di bawah kewenangannya dalam melakukan penjaminan mutu. Tujuannya ialah untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan berjalan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan,” kata Erry.

Dalam sambutannya, Erry juga menjelaskan bahwa sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah terbagi menjadi dua, yaitu Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Internal (SPMI) yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan dan Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Eskternal (SPME). Sistem kedua ini direncanakan, dilaksanakan dan dikendalikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dan dikembangkan oleh pemerintah daerah, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), dan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M).

“Untuk mengkoordinasikan dan mengimplementasikan SPME tentu kita perlu membentuk Tim LPMP Daerah. Sebagai bagian dari Pemprovsu, Tim LPMP ini nantinya bertugas untuk memfasilitasi pemetaan mutu pendidikan dan pelaksanaan SPMI-Dikdasmen di satuan pendidikan pada pendidikan menengah dan pendidikan khusus,” jelas Erry.

Selain itu, lanjut Erry, Tim LPMP ini juga akan bertugas untuk mengharmonisasikan perencanaan dan melakukan pembinaan, pendampingan, pengawasan, dan pengendalian satuan pendidikan dalam pengembangan SPMI-Dikdasmen pada pendidikan Menengah dan Khusus.

Ketua Tim LPMP Daerah Provsu, Prof Dr Khairil Ansari MPd menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kepada Gubsu Erry atas kepedulian beliau di bidang pendidikan.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Gubernur yang telah melantik kita hari ini. Terus terang, sejak beliau menjadi Bupati Serdang Bedagai, Saya sudah memperhatikan bahwa beliau sangat peduli terhadap pendidikan. Salah satu bukti nyatanya ialah program wajib belajar 12 tahun. Sebelum dicanangkan oleh pemerintah pusat, Pak Erry sudah terlebih dahulu melakukan itu,” ungkap Khairil.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.