oleh

beberapa Olahraga Paling Populer Teratas di Afrika Hingga Sekarang

Olahraga di Afrika berakar jauh ke belakang dalam sejarah dan benua itu sekarang dikenal luas di seluruh dunia karena prestasinya di berbagai bidang olahraga. Afrika telah menjadi landasan bakat olahraga yang dinamis yang melintasi berbagai disiplin ilmu. Olahraga sangat dihargai di seluruh dunia karena menyatukan orang tanpa memandang etnis dan pergaulan sosial mereka.

1) Sepak Bola:

Tidak diragukan lagi, sepak bola adalah  olahraga paling populer dan  favorit di Afrika, ditelusuri kembali ke tahun 1800-an. Sangat lazim untuk menemukan anak-anak bermain sepak bola di tempat kosong mana pun di daerah pedesaan dan bahkan kota-kota besar. Anda akan terkejut bahwa beberapa pemain sepak bola profesional paling terkenal memulai karir mereka di taman bermain yang sederhana itu. Saat ini, lebih dari 100 pemain dari berbagai tim Afrika bermain di liga divisi pertama di Eropa. Beberapa negara Afrika yang berprestasi baik di turnamen sepak bola gl obal antara lain Nigeria, Ghana, Afrika Selatan, Tunisia, Senegal, Kamerun, DRC,  dan Mesir .

 

2) Kriket:

Kriket adalah olahraga Afrika yang umum, terutama di Afrika Selatan, Kenya dan Zimbabwe. Kriket telah menjadi populer dan dinikmati di seluruh dunia, seperti halnya olahraga lainnya. Hanya pria kulit putih di Afrika Selatan yang diizinkan bermain kriket sesuai dengan kebijakan Apartheid beberapa dekade sebelumnya. Karena apartheid, Afrika Selatan dilarang bermain di kriket internasional selama lebih dari 20 tahun.

Negara pemain kriket lainnya termasuk Botswana, Namibia, Tanzania, Uganda, Zambia, Sierra Leone dan Nigeria. Kriket adalah olahraga tertua di Nigeria, dengan pertandingan kriket resmi pertama diadakan pada tahun 1904, dua puluh tahun sebelum Nigeria ikut serta dalam pertandingan sepak bola. Banyak negara Afrika saat ini bermain di berbagai pertandingan kriket internasional sehingga melaporkan hasil yang menjanjikan.

Menurut ICC ODI Championship, Afrika Selatan menempati urutan pertama dengan 50 pertandingan, 5.957 poin, dan peringkat 119. Di sisi lain, Zimbabwe telah memainkan 41 pertandingan, memperoleh 2129 poin, dan peringkat 52.

Berita Terbaru