Politik dan Pembangunan

PEMBANGUNAN JEMBATAN IDANOTAE NIAS SELATAN TERBENGKALAI

PEMBANGUNAN JEMBATAN IDANOTAE DI DESA SISIWA’EWALI KECAMATAN ULU IDANOTAE KABUPATEN NIAS SELATAN DITINGGAL BEGITU SAJA.
melintasi jalan Gomo menuju Kecamatan ulu Idanotae dan melewati Jembatan Idanotae yang terletak di Desa Sisiwa’ewali Kecamatan ulu Idanotae sudah lama pembangunannya dan ditinggal begitu saja tanpa ada lanjutan pembangunan. Menurut informasi dari salah seorang Tokoh Masyarakat di Desa itu yang sekaligus sebagai Ketua Panwascam Kecamatan ulu Idanotae Yaitu : Bapak Atosokhi Hulu, menjelaskan bahwa pembangunan jembatan ini sudah lama di mulai pembangunannya kurang lebih 7 tahun. sudah dimulai dengan membangun Abudmen di dua sisi tebing sungai idanotae dan pada saat itu untuk bisa dilewati kendaraan Roda 2 dan 4 jembatan tersebut pakai pohon kelapa. Tahun demi tahun berganti hingga saat ini lanjutan pembangunan jembatan tersebut tidak ada tanda-tanda untuk dilanjutkan. Untuk kita ketahui bersama bahwa yang melewati jembatan idanotae ini ada 2 Kecamatan yaitu : Kecamatan Ulu Idanotae dan Kecamatan Umbunasi, masyarakat sangat menemui kesulitan bila melewati jembatan darurat tersebut karena sudah seringkali ada yang jatuh di Jembatan itu namun masih belum ada korban jiwa. Selain itu Bapak Atosokhi Hulu jelaskan bahwa Bapak Bupati kita yang sekarang Bapak : Dr. Hilarius Duha, SH, MH pernah meninjau lokasi jembatan ini dan pernah menjanjikan bahwa pembangunan jembatan Idanotae ini secepatnya kita akan selesaikan, oleh karena itu kami Masyarakat Kec. Uluidanotae dan Kecamatan Umbunasi, kiranya Pemkab Nias selatan secepatnya menyelesaikan jembatan tersebut demi meringankan beban Masyarakat dan menghindari korban jiwa. Untuk kita ketahui bersama bahwa jembatan tersebut sudah dilewati jalan aspal kurang lebih 2 Km menuju Kecamatan Ulu Idanotae dan Kecamatan Umbunasi, sehingga Roda 2 dan roda 4 tetap melewati jembatan tersebut tiap hari.
Ditempat terpisah saat wawancara Wartawan Hak Suara dengan Bapak Camat Ulu Idanotae yaitu : Bapak Asali Ndruru, mengatakan bahwa : kita sangat berharap kepada Pemkab. Nias selatan bisa menyelesaikan pembangunan Jembatan Idanotae ini demi meringankan beban masyarakat kedua kecamatan yaitu : Kecamatan Ulu Idanotae dan Kecamatan Umbunasi, memang dari pihak kami tingkat Kecamatan telah mengajukan permohonan kepada Bapak Pemkab Nias selatan namun kita masih menunggu Realisasinya.
Untuk sementara waktu jembatan darurat ini tiap tahun tetap diganti pohon kelapanya sebagai landasan untuk bisa dikewati oleh kendaraan roda 2 dan Roda 4 dengan biaya swadaya Masyarakat yg difasilitasi oleh Bapak Camat ulu Ulu Idanotae untuk membantu masyarakat kita yg 2 kecamatan ini. ( FH).

Previous ArticleNext Article