Hukum dan Kriminal

Pemilihan Kelompok Tani Julu Ero Terkesan Di Paksakan

TAKALAR, HAKSUARA.COM – Pasca wafatnya ketua Kelompok Tani Julu Ero Desa Su’rulangi, Kecamatan Polongbangkeng Selatan, ada kesan dipaksakan dilakukan pemilihan ketua kelompok Tani.

Hal ini akan jadi sorotan publik khususnya penggiat pertanian dengan dipercepatnya dilakukan pemilihan, namun PPL Dinas Pertanian Kabupaten Takalar tidak bisa berbuat banyak.

Sistematika dalam pemilihan kelompok  tani serta merta dilakukan tapi ada mekanisme yang harus dilakukan, apalagi kelompok Tani Julu Ero masih ada sekretaris dan bendahara yang bisa kendalikan kelompok tersebut.

Jika Ketua kelompok Tani wafat atau tersandung unsur pidana secara otomatis sekretaris bisa jabat  jadi ketua kelompok tani bukan digelar pemilihan.

Tentunya digelarnya pemilihan ketua kelompok tani Julu Ero ada unsur kepentingan terakomodir, apalagi yang terpilih saat ini diduga tidak memilki lahan dan pernah diperiksa oleh pihak kepolisian Resort Takalar.

“Salah satu syarat untuk menjadi anggota kelompok tani wajib memilki lahan garapan sementara terpilih tidak memiliki lahan,”ujar salah satu warga Cakura meminta identitas nya tidak ditulis.

Jadi kami duga bahwa pemiliham cacat hukum, alasannya terdapat didalm notulensi rapat ada tanda tangan, sementara orangnya ada di Kalimantan.

Terpisah Direktur LSM Bina Insan Mandiri Nasir Tarang menyatakan bahwa itu sangat tidak prosedural sebab ketua terpilih saat ini ditengarai tidak memilki lahan garapan.

“Apalagi ada indikasi ketua terpilih bermain money politik, untuk bisa terpilih,” ujarnya.

Secara adminstrasi ketua terpilih bisa dianulir keterpilihannya, ada keganjalan karena mestinya diganti hanya unsur ketua saja, anehnya pengurus termasuk sekretaris dam bendahara juga di ganti tanpa alasan yang jelas. (Jahar)

Previous ArticleNext Article

31 Comments

  1. Appreciating the commitment you put into your blog and detailed information you offer. It’s good to come across a blog every once in a while that isn’t the same outdated rehashed information. Great read! I’ve saved your site and I’m adding your RSS feeds to my Google account.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.