POLITIK dan PEMBANGUNAN

Pemkab Nias Barat Dapat Bantuan 2 Miliar

Hadir pada acara Pagelaran kali ini Gubernur Sumatera Utara Bpk. Dr. Ir. Tengku Ery Nuradi, M.Si, Bupati Nias Barat Bpk. Faduhusi Daely, S.Pd, Wakil Bupati Nias Barat Bapak Khenoki Waruwu, Ketua BPP Prov. Kep. Nias Bapak Mayjend. TNI (Purn) Christian Zebua, SH.,MH Anggota DPRD Prov. Sumatera Utara, Sekda Nias Barat Bpk. Saba’eli Gulo, S.IP, Kadis Pengendalian Penduduk Prov.Sumut Ibu Ria Nofida Telaumbanua, M.Kes, Ketua dan beberapa Anggota DPRD Kab. Nias Barat, Mantan Kadis Pendidikan Prov.Sumut Drs. Taroni Hia, Ketua TP. PKK Kab. Nias Barat Ibu Ny. Insani F Daely, Watua TP.PKK Kab. Nias Barat Ibu Ny. Leli Khenoki Waruwu, seluruh Pimpinan OPD lingkup Pemkab Nias Barat dan Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya.

Sambutan Bupati Nias Barat Bapak Faduhusi Daely, S.Pd sembari mengapresiasi dan berterimakasih atas berkenannya Gubernur SUMUT hadir pada malam pentas Seni dan Budaya Kab. Nias Barat, terlebih bantuan Gubernur Sumut sebesar Rp. 2 Miliar dalam dukungan pembangunan Pavilium Kab. Nias Barat di PRSU Medan ini, ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati jelaskan bahwa Pagelaran Seni & Budaya adalah tempat mempromosikan Potensi Pariwisata Nias Barat sebagai salah satu faktor unggulan dalam menunjang pembangunan Daerah, ujar Bupati.

Bupati Nias Barat juga menitipkan harapan sekaligus usul kepada Gubernur Sumatera Utara Bpk. Dr. H. Ir. Tengku Ery Nuradi, M.Si untuk tetap bersama-sama membangun Sumatera Utara meskipun sebentar lagi selesai masa jabatan di Gubernur Sumut, namun masih ada pintu-pintu lain dalam memikirkan kemajuan 33 Kota/Kab se-Provinsi Sumatera Utara di Tingkat Pusat, ujar Bupati.

Arahan & Bimbingan Gubernur Sumatera Utara yang mengatakan bahwa Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) merupakan miniaturnya Sumut dengan berbagai Penarnpilan Seni Budaya, Pavilium/Stand sebagai sarana memperkenalkan bentuk- bentuk budaya dan berbagai potensi yang dimiliki oleh masing-masing Daerah, ujar Gubernur.

Sebagai bukti kerjasama kita di Sumatera Utara dalam miniatur PRSU salah satunya adalah pembangunan Pavilium untuk masing2 Kab/Kota se-Sumut dan kali ini Pemerintah Prov. Sumatera Utara memberikan bantuan kepada Kab. Nias Barat untuk dukungan pembangunan Pavilium sebesar Rp. 2 Miliar, kami percaya dengan adanya Pavilium permanen ini, akan lahir semangat baru dalam menyatukan Sumatera Utara tetap utuh dan berkembang, ujar Gubernur.

Dalam acara ini dirangkai dengan Penandatanganan Prasasti Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Pavilium Kab. Nias Barat oleh Gubernur Sumut diawali dengan Pemukulan Gong sebanyak delapan kali pertanda Pagelaran Seni & Budaya Kab. Nias Barat resmi dibuka.

Pagelaran Budaya yang ditampilkan pada Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) kali ini adalah Budaya Folau Owasa Ori Moro’o Silima Ina (Gulo, Hia, Waruwu, Zebua dan Zai) dengan penganugerahan Gelar Balugu UMBU ZIHONO kepada SARARA TUHA yang Diperankan oleh Ama Bonny Gulo (Desa Onolimbu You) Kec. Mandrehe Barat. Gelar ini dianugerahkan oleh para Balugu Silima Ina Moro’o dan disaksikan oleh pihak “paman” Balugu Hili’ana’a (Ama Rope Daeli) dari Ori Lahomi dan sebagai Simpangkala (Sowato) adalah Balugu Sou (Ama Fite Gulo/Tetehosi).

Previous ArticleNext Article