oleh

Pemkab Nisel sosialisasikan Koordinasi Teknis PKH

-Tak Berkategori-3 views

DINAS SOSIAL KABUPATEN NIAS SELATAN
RAPAT KOORDINASI DENGAN
PENDAMPING PKH

Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan melaksanakan rapat koordinasi teknis dengan para Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) se-Kabupaten Nias Selatan, berlangsung di Hotel Keitaro, Jalan Diponegoro Telukdalam, . Rapat Koordinasi Teknis itu dibuka secara resmi oleh Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha,MM.
Plt. Sekda Kabupaten Nias Selatan dalam arahannya mengharapkan setiap pendamping PKH agar melakukan analisis sejauhmana pengaruh bantuan sosial yang diterima oleh keluarga miskin, sebab melalui pemberian bantuan sosial kepada keluarga miskin diharapkan memiliki pengaruh dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) secara umum di Indonesia dan khususnya di Kabupaten Nias Selatan.
“Jadi, melalui rapat koordinasi ini Pemerintah Kabupaten Nias Selatan mengharapkan kepada seluruh pendamping PKH agar melakukan pendampingan yang benar dan melakukan analisis sederhana, dengan membagikan kuisoner bagi keluarga penerima bantuan sosial tanpa mempengaruhi dan memberi intervensi. Sehingga hasil analisis itu akan menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah di Kabupaten Nias Selatan untuk tindakan selanjutnya. Bila selama ini ada pendamping PKH hanya mampu membuat laporan tentang jumlah penerima dan jumlah yang belum menerima bantuan sosial, maka pekerjaan itu masih belum maksimal,” ujar Plt. Sekda Ikhtiar Duha.
Pelaksanaan rapat koordinasi teknis tersebut, Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan, Intansani Haria,SE.,MM., mengatakan untuk mensinergikan dan menyamakan persepsi terhadap program penanggulangan kemiskinan dengan hasil yang akan dicapai agar mampu mengidentifikasikan potensi masalah dan solusi untuk memberhasilkan program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Nias Selatan. Melalui laporannya menyebutkan peserta rapat koordinasi terdiri dari: 83 orang pendamping, 2 orang supervisor, dan 3 orang operator serta koordinator kabupaten dan asisten pendamping masing-masing 1 orang. Dengan narasumber Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nias Selatan Sokhinaso Giawa,SH., Kepala Cabang Pembantu BRI Telukdalam, Heldin S. Tarigan dan Koordinator PKH Wilayah Sumut II Roma Lestari Zendrato. ()