serba serbi

Perbaiki IPM, Pemkab Target Warga Putus Sekolah 100 Persen Harus Ikut PKBM

TAKALAR, HAKSUARA.COM – Perbaiki peringkat IPM kabupaten Takalar saat masih bertengger pada posisi 22 dari 24 kabupaten kota di Sulsel.Tentunya ini akan jadi perhatian serius Bupati Takalar H Syamsari kitta sehingga sektor pendidikan di maksimalkan.

Yakni seluruh stoekholder harus peran aktif khusus menggenjot anak putus sekolah untuk kembali bersekolah lewat PKBM. Kita harus kerja massif dan kerja keras dengan memperbaiki Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Salah satu masalahnya adalah lama sekolah yang masih pada 6,9 tahun,” jelas Bupati Takalar H. Syamsari,S.Pt.MM saat membuka secara resmi puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) T.P PKK ke 47 tingkat Kabupaten Takalar, Minggu (3/11/2019) siang.

“Untuk merubah sebuah kultur harus bangun kerja sama  dengan seluruh unsur Forkopimda dan pemerintah, mulai dari camat dan desa untuk menyelesaikan data warga,” ujarnya.

Syamsari mengatakan pendataan secara mobile ini harus dilakukan secara holistik termasuk  kader memeriksa kembali KK dari setiap rumah dan mengidentifikasi warga untuk melihat kembali level pendidikannya.

“Kepada dinas kesehatan dan Dinas PMD saya sudah meminta untuk segera menyusun target 30% dari warga yang tidak mengikuti pendidikan 12 tahun untuk bisa kembali bersekolah tahun depan,” terangnya.

Dia mengungkapkan memasuki tahun ke tiga 30%, tahun ke empat 40 % dan tahun terakhir 30% terekrut mengikuti Pusat Kegiatan Belajar  Mengajar (PKBM).

Selain pendidikan, H. Syamsari meminta sektor kesehatan juga perlu perhatian. Kader kesehatan dan unsur Forkominda harus kolaboratif mendukung program pemerintah memperhatikan dengan infrastruktur pendidikan dan kesehatan.

“Terpenting peran swasta juga sangat menentukan untuk kesusksesan pemerintah dikabupaten Takalar,” tegasnya.

Stunting adalah persolan nasional itu harus juga jadi atensi pemerintah, sehingga pola hidup sehat sangat dianjurkan bagi manusia.

Disamping itu, pemerintah juga mendorong melalui dukungan APBN dan APBD Provinsi dan kabupaten untuk memperbaiki seluruh fasilitas kesehatan yang ada agar lebih tertata dan tidak kelihatan kumuh, “katanya.

Usai memberikan sambutan, Bupati Takalar Bersama Ketua T.P PKK Kabupaten Takalar menyerahkan hadiah dan piala bergilir kepada Camat Mangarabombang didampingi Ketua. T.P PKK Kecamatan Mangarabombang sebagai juara umum lomba dalam giat jambore yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Puncak HKG T.P PKK Tingkat Kabupaten Takalar ini berlangsung di lapangan Paddinging Desa Paddinging Kecamatan Sanrobone.

HKG ke 47  ini dihadiri Para anggota Forkopimda, Ketua T.P PKK Takalar DR. Hj. Irma Andriani,S.Pi.M.Si, Wakil Ketua T.P PKK Takalar Hj. Megawati Ibrahim,SE.MM, ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Takalar Hj. Hamsiah Arsyad,SH, para Pimpinan OPD, Para Camat dan lurah/desa Se Kabupaten Takalar serta seluruh anggota T.P PKK baik tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan lurah.(*)

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.