Peringati HUT Lantas ke-64, Sat Lantas Berbagi Makan ke Tukang Becak

     

    Selayar – Sulsel, (Haksuara.com)-Memperingati Hari Ulang Tahun Satuan Lalu Lintas ke-64 tahun 2019, Sat Lantas Polres Kepulauan Selayar membagikan Nasi Kotak untuk para tukang Becak yang mencari nafkah di Kota Benteng Kepulauan Selayar hari ini Jumat, 20/09/19.

    Kegiatan dipimpin oleh Kanit Reg Ident Sat Lantas Polres Kepulauan Selayar IPTU. Arifin Nu’mang, SH, bersama Anggota di Jln. Jend. Sudirman Benteng Kepulauan Selayar.

    ” Kami coba berbagi ala kadarnya kepada saudara kita para pengayuh becak. Kita berharap di Ulang tahun ke-64 ini Sat Lantas dapat lebih dekat dengan Masyarakat” Kata Arifin.

    HUT Lantas diperingati serentak setiap tanggal 22 September 2019. Untuk diketahui, penetapan hari Lalu Lintas ini tentu berdasar pada sejarah. Korps Lantas sebenarnya sudah eksis sejak zaman penjajahan Belanda. Pada zaman itu.

    Pemerintah Hindia Belanda menganggap perlu sebuah wadah untuk mengimbangi perkembangan lalu lintas yang semakin meningkat. Sehingga pada tanggal 15 Mei 2015 lahirlah organ lalu lintas yang disebut Voer Wesen, dan diperbaharui menjadi Verkeespolitie, yang artinya Polisi Lalu Lintas dalam bahasa asli Belanda.

    Memasuki zaman penjajahan Jepang, peran Korlantas sedikit mengalami gradasi. Berbagai tugas keamanan dan pengamanan yang diambil oleh militer Jepang membuat Korlantas dilakukan oleh Kempetai (sebutan untuk Polisi Militer Jepang).

    Walaupun naik turun melalui zaman Penjajahan Jepang dan masa Kemerdekaan, eksistensi Korlantas dipertegas pada tanggal 22 September 1955.

    Kepala Jawatan Kepolisian Negara mengeluarkan Order No 20 / XVI / 1955 tanggal 22 September 1955, tentang Pembentukan Seksi Lalu Lintas Jalan, di bawah Kepala Kepolisian Negara. Tanggal 22 September inilah yang menjadi acuan dari ulang tahun Korlantas yang dirayakan setiap tahun.( Ucok Haidir )

    Editor : Syamhunter

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here