Pemilu dan Pilkada

Polisi Mengamankan Dua Orang Oknum PPK Pallangga Terbukti telah Menggelembungkan Hasil Suara Pemilu

GOWA, HAK_SUARA- Dua orang oknum PPK Pallangga terbukti telah menggelembungkan hasil rekapitulasi suara para caleg tertentu, pada saat penginputan validasi rekapitulasi perolehan hasil suara di tingkat distrik (Kecamatan).

Dikatakan Kapolres Gowa, Akbp Shinto Silitonga, kedua oknum PPK mengakui, bahwa mereka telah merubah perolehan hasil suara saat penginputan data pada beberapa caleg DPRD Kabupaten/Kota.

“Kita sampaikan ke public, dimana kita telah mengamankan dua orang oknum PPK ini. Patut diduga telah melakukan pelanggaran yang mengakibatkan perbuhana perolehan suara caleg dibeberapa partai tingkat kabupaten,” kata Shinto, Rabu (15/5/2019).

Kedua orang pelaku itu, bernama Imran (34) dan Irfan (37). Ia terbukti telah melakukan pelanggaran pemilu atau menyalahgunakan jabatannya, untuk merubah hasil rekapitulasi suara pemilu ditingkat kecamatan.

“Kedua oknum itu membenarkan bahwa telah melakukan pergeseran perolehan suara, keduanya memegang kewenangan dan menggunakan laptop menjadi bank data dari sebuah rekapitulasi,” katanya.

Sementara Ketua Badan Pengawas Pemilu, Samsuar Saleh membenarkan atas insiden tersebut.

“Kedua pelaku itu ada salah satu peran agregator atau penginput data, partai caleg yang digelembungkan ini, dari Partai Gerindra, PKS, PPP, dan ada juga katanya dari Demokrat DPRD Provinsi tapi dalam tahap penelusuran,” tandas Samsuar.

Barang bukti yang disita polisi itu sebanyak 3 rangkap softfile hasil print yang dilakukan pelaku dan satu buah laptop merk laptop. Polisi juga akan menjadwalkan pemeriksaan terhadap para caleg yang bersangkutan.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.