Syamsuddin Karlos Gencar Sosialisasi Perda Lahan Kritis, Ini Harapannya

    JENEPONTO (HAK SUARA.COM) – Legislator DPRD Sulsel Fraksi PAN, Syamsuddin Karlos kembali menggelar Sosialisasi Produk Hukum Daerah yaitu Perda No.1 Tahun 2017 perihal Pengendalian Lahan Kritis, di Dusun Bisanti, Desa Bontocini, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Rabu (14/8/2019).

    Seperti sosialisasi sebelumnya, Syamsuddin Karlos berdialog dan tatap muka secara langsung kepada para petani dan warga Desa Bontocini, dengan memberikan pemahaman terkait pengendalian lahan kritis. Tujuan utamanya yakni mencegah dan melindungi lahan dari kerusakan akibat ketidakpahaman petani dalam menggunakan lahan.

    “Petani mesti paham bagaimana lahan digunakan sesuai dengan kemampuan lahan tersebut, serta pentingnya merehabilitasi dan melindungi lahan sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan,” ungkap Syamsuddin Karlos .

    Dalam Sosilisasi kali ini, Syamsuddin Karlos yang didampingi tokoh masyarakat setempat dan ratusan masyarakat yang hadir, menjelaskan lebih jauh, bahwa sebagai jaminan terwujudnya fungsi lahan yang optimal, maka mampu mendukung usaha pertanian bagi pengingkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

    “Sesuai dengan asas, tujuan dan sasaran produk hukum pengendalian lahan kritis, peningkatan fungsi lahan dapat mewujudkan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan hidup secara seimbang dan berkelanjutan,” ujarnya.

    Tidak hanya bersosialisasi, Syamsuddin Karlos juga menyerap aspirasi masyarakat Desa Bontocini yang menginginkan adanya sejumlah sarana dan prasana pertanian, seperti pupuk, traktor tangan, perbaikan jalan desa, serta pengadaan sumur bor.

    “Saya harap kelompok tani diwilayah ini untuk segera berkomunikasi ke Gapoktan membuat proposal perihal bantuan. Insya Allah saya akan kawal,” tegas Karlos. (Lau)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here