serba serbi

Taman Makam Pahlawan Di Balige Terkesan Ditelantarkan

Taman Makam Pahlawan di Soposurung Terlantar

Hak Suara-Balige.
Taman Makam Pahlawan Bahagia di Soposurung, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir(Tobasa) cukup memprihatinkan dimana karena tidak ada pemeliharaan pemakaman itu seperti daerah tak bertuan atau terlantar.

“Tak bisa saya bayangkan bagaimana sakitnya dalam batin melihat suasana tempat pemakaman pahlawan seperti ini, batu nisan dari pahlawan tertutup ilalang, ” ujar seorang pengunjung, Yonathan Marbun, Sabtu(23/3/2019) di Soposurung Balige.

Dia mengatakan, sangat disayangkan Taman Makam Pahlawan Bahagia di Soposurung yang saat ini tidak terpelihara padahal jiwa dan raganya telah dikorbankan demi nusa dan bangsanya.

“Ini sesuatu yang luar biasa, untuk pemeliharaan saja tidak dapat dikondisikan oleh pemerintah setempat, ” sesalnya.

Senada disampaikan, Tina Hamidah, keluarga dari salah satu yang dimakamkan di taman Taman Makam Pahlawan Bahagia itu menyampaikan rasa kecewa kepada pemerintah setempat karena tidak menghargai jasa dari yang di makamkan di taman tersebut.

“Jangan bicara hal besar, hal kecil atau hal sepele seperti ini hanya untuk pemeliharaan makam saja tidak bisa bagaimana untuk perkara besar, ” ucapnya meragukan rasa nasionalis pejabat di daerah itu.

Petugas jaga Taman Makam Pahlawan Bahagia, R.Siahaan mengakui bahwa untuk saat ini pemerliharaan tidak lagi dilakukan karena biaya pemeliharaan dari kantor susah untuk didapat.

“Tak mungkin biayanya dari kantong sendiri, ketika kami bersihkan dan rawat pihak kantor banyak alasan untuk menunda pembayarannya, makanya alasan itu menjadi kami hentikan, ” katanya mengkui pembersihan baru dilakukan ketika akan ada acara peringatan Hari Pahlawan.(Denytia)

Previous ArticleNext Article

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.