oleh

Tinju dan Sumo adalah Salah Satu Olah Populer di Jepang.

-OLAHRAGA-22 views

Hak sura.com. Diktuip dari Japanese station,  Yujiro Watanabe adalah bapak tinju Jepang yang dilatih bertinju sejak sebelum umur 16 tahun di California, sebelum akhirnya kembali ke Jepang di mana ia mendirikan klub Nippon Kento pada tahun 1921. Beberapa tahun kemudian muncul All-Japan Professional Kento Association (JPBA), yang sejak tahun 2000 kemudian menjadi Japan Pro Boxing Association (JPBA).

Dahulu, Tsunekichi Koyanagi, seorang pegulat sumo peringkat ozeki yang profesional telah dipilih oleh Ke-shogun-an untuk menantang petinju dan pegulat dalam pertarungan seni bela diri. Dari sanalah olahraga ini diperkenalkan, dengan pertandingan terbesar pertama diadakan pada tahun 1887.

Aturan pertama dalam olahraga tinju di Jepang ditetapkan oleh Japan Boxing Comission (JBC) untuk mendorong para petinju agar bertanding di dalam negeri. Petinju pria asal Jepang yang mencoba unjuk gigi di laga internasional sangat sedikit, dan para juara asal Jepang pun juga secara umum tidak dikenali oleh dunia internasional.

Sumo juga sering dianggap sebagai olahraga nasional Jepang, dan sudah ada sejak jaman dahulu. Sumo berasal dari ritual Shinto yang menggambarkan manusia bergulat dengan dewa. Turnamen sumo profesional dimulai pada tahun 1684 di kuil Tomioka Hachiman-gu, Tokyo.

Cara memenangkan pertandingan sumo adalah dengan mendorong lawan hingga keluar dari ring atau menjatuhkan lawan ke tanah, tentunya apabila menjatuhkan sabuk pegulat maka akan didiskualifikasi. Tiap tahunnya ada 6 turnamen sumo di berbagai daerah yang masing-masing berdurasi 15 hari.

Berita Terbaru