serba serbi

Trik Agar Anak Kita Tidak Kecanduan Hp

Hak suara.com,- Sebetulnya kapan sih waktu efektif  untuk orang tua memperkenalkan gadget ke anaknya? Atau mengakses fitur pada handphone, bahkan memiliki ponsel sendiri? Lakukanlah beberapa hal ini : 

1. Melarang /mencegah anak  memiliki ponsel sebelum berusia 14 tahun. Dan berilah pengertian secara halus kepada anak.

2. Membatasi screen time, sehingga anak mempunyai waktu lebih senggang untuk dihabiskan bersama keluarga nya.

3. Letakkan Televisi atau komputer di ruang keluarga. Sehingga setiap anak bisa menggunakannya, anak tidak akan merasa sendirian dan masih dalam pengawasan anggota keluarga lainnya.

4. Buat peraturan tidak boleh menggunakan gadget di tempat-tempat tertentu. Misalnya di meja makan, di kamar tidur, dan di mobil

5. Membatasi jam berlaku untuk melihat televisi dan ponsel setiap hari nya. sehingga anak-anak bisa pergi tidur lebih awal dibanding anak lain.

6. Ajaklah anak untuk bersosialisasi dengan teman sebaya nya.Contohnya ajaklah anak bermain di taman atau sekitar lingkungan rumah.

7. Berikanlah mainan alternatif ,yang tidak ada sangkut paut nya dengan dengan game,contohnya bermain ular tangga dan monopoli.

8. Biarkan anak bermain di luar dengan catatan kita sebagai orang tua harus tetap mengawasi nya.

9. Pastikan untuk memberikan pujian pada anak ketika ia berhasil menahan diri untuk tidak bermain game dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan.Contohnya seperti mencium nya ,memberi acungan jempol, atau memberinya hadiah.

10. Sudah umum bahwa anak akan meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Untuk itu, Para orang tua juga harus menjadi contoh yang baik, letakkan HP  dan bermainlah bersama anak.

 

Previous ArticleNext Article