Umum

Pelatihan dan Uji Kompetensi wartawan di Ikuti oleh Jurnalis Fakta Hukum .Wartawan : adalah menjadi penyeimbang dan mampu menjadi sosok pengontrol publik sosial secara cermat.

 

Haksuara, bekasi. Tugas mulia wartawan adalah menjadi penyeimbang dan mampu menjadi sosok pengontrol publik sosial secara cermat.

Hal ini dihimbaukan oleh Drs. Aat Surya Safaat,MM, Selaku penguji UKW Utama PWI Pusat dalam pemaparannya ketika memberikan materi pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik ( woorkshop) kepada puluhan wartawan , bertempat di Win Grqnd hotel di Bekasi, Minggu (24/2/2019).

Bang Aat sapaan akrabnya, mengatakan Jurnalisme tetap wajib mengutamakan kebenaran. Sehingga, Kode etik perilaku jurnalis sangat dibutuhkan oleh para jurnalis untuk menjalankan tugas jurnalistiknya secara baik.

” Wartawan adalah kapten kebenaran, sehingga dalam mengungkap kebenaran maka wartawan harus cerdas. Mampu membangun relasi, wartawan mampu melihat tanda – tanda zaman dalam mengungkap kebenaran itu, “Ucap Drs. Aat Surya Safaat,MM.

Menurut bang Aat, mampu melihat tanda zaman berarti wartawan itu harus bijak, melihat dari segala sisi dan sudut pandang menjadi pioner yang hebat. Sehingga, Jurnalis ketika bertugas mengungkap kebenaran adalah orang yang wajib memiliki wawasan dan bersikap seperti Nabi, serta independen.

” sehingga kita harus memahami dengan baik apa itu kode jurnalistik sebagaimana telah di tetapkan didalam 11 pasal, UU pers tahun 1999, dan memahami sistem KPPA, maka sebagai wartawam hebat kita harus mampu melahirkan tulisan secara berimbang tidak boleh berpihak, netral dan independen, “Pesan bang Aat yang mengakui sempat menjadi Kepala LKBN Antara Biro New York berkedudukan di Markas Besar PBB di New York, AS.

Mengusung Tema “Jadilah Wartawan Handal, Profesional dan Kompoten” Bang Aat berharap, melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan jurnalistik internal media ini, wartawan media mampu menjadi wartawan yang menulis akurat agar tidak menjadi seorang penghianat profesi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dewan penasihat lainnya yakni Antonius Purba, Pimpinan Redaksi wapimred,(Syamsuddin) redaktur (Markus)dan seluruh kaperwil, Kabiro dan wartawan  disemua perwakilan yang ada di indonesia. ( Syam Raider)

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.