Pendidikan dan Teknologi

Upacara Bendera di Kampus STIK Famika

Upacara bendera tidak asing lagi bagi siswa-siswi yang masih sekolah, baik siswa SD, SLTP, maupun SLTA, dikarenakan kegiatan upacara bendera biasanya dilakukan setiap hari senin pagi, sebelum memulai pembelajaran. Namun, berbeda dengan lembaga pendidikan formal tingkat universitas, sangat jarang kita mendapatkan ada pelaksanaan upacara bendera di kampus-kampus. Namun, bukan berarti pelaksanaan upacara bendera di tangkat Universitas dilarang. Jadi, apabila ada kampus yang mau melaksanakan upacara bendera pada setiap hari senin, maka itu boleh-boleh saja, alias sah saja. Begitu juga sebaliknya, apabila ada kampus yang tidak melaksanakan upacara bendera maka itu juga boleh saja.

Jarang kita mendapatkan kampus yang melaksanakan upacara bendera setiap hari senin, namun itu bukan berarti tidak ada sama sekali. STIK Famika (Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika) merupaka salah satu kampus melaksanakan upacara bendera pada setiap hari senin. Pelaksanaan upacara bendera di Kampus tersebut bukan baru dilaksanakan sekarang, namun telah lama dilaksanakan. Sejak tahun 2001 hinggal pada hari ini, Senin, tanggal 10 Desember 2018, pelaksanaan upacara bendera masih tetap dilaksanakan oleh Civitas Akademika STIK Famika.

Ketua STIK Famika, DR. Yudit Patiku, S.Si, S.Kep., Ns., M.Kes mengatakan bahwa pelaksanaan upacara bendera telah dilaksanakan di STIK Famika sejak tahun 2001 hingga saat ini. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan melalui pelaksanaan upacara bendera, diantaranya adalah untuk membiasakan kedisiplinan kepada semua civitas akademika dan juga bisa menjadi moment yang baik untuk menyampaikan informasi kepada semua mahasiswa/i.

Ini menunjukan ada banyak hal positif yang bisa didapatkan dengan pelaksanaan upacara bendera.

Previous ArticleNext Article