Pendidikan dan Teknologi

Warga Nyaris Bentrok Dengan Konvoi Siswa SMA Usai UN

Hak suara-Balige;
Sejumlah siswa SMA yang baru usai melaksanakan Ujian Nasional(UN) di Balige dan Laguboti Kabupaten Toba Samosir(Tobasa), merayakan pelaksanaan ujian akhir dengan konvoi kenderaan menuju Tarutung dihadang warga di Soposurung dan nyaris bentrok. 

Konvoi yang dimulai dengan kehadiran SMA Laguboti ditandai dengan atribut sekolahnya ditambah teriakan siswa ‘hidup SMA Laguboti’ sontak membuat warga berhamburan keluar dari rumah. 

“Pulang, pulang, pulang, ” ujar seorang warga P Siahaan, Senin(8/4/2019)di Soposurung Balige. 

Warga yang juga sebagai tenaga pendidik di salah satu sekolah SMA di Soposurung bertanya sekolah mana dan mau kemana, siswa menjawab apa urusanmu sehingga nyaris bentrok dengan kerumunan warga.

“Saya heran, bagaimana pendidikan saat ini karena seluruhnya sudah bermuara ke provinsi untuk tingkat SLTA maka guru sudah tak peduli, ” ungkapnya sangat  menyesal. 

Senada disampaikan Jonson Simanjuntak, karena moral anak didik yang cukup menyakitkan perasaan seorang guru dan orang tua disampaikan dia bahwa mutu pendidikan tampak dari tingkah laku dan perbuatan siswa. 

“Saya tak menyangka jawaban seorang siswa mengatakan ‘apa urusanmu, anakmu saja urus. Siswa seperti apa mereka, “ucapnya seraya membiarkan rombongan siswa berlalu. 

Tak berselang lama, rombongan siswa lainnya juga datang dengan tujuan dan arah yang sama. Dalam teriakan yang disampaikan bahwa siswa tersebut dengan menaiki 100 kenderaan sepeda motor, pria dan wanita mengenakan pakaian sekolah dan rambut dicat dengan berbagai warna dibiarkan warga begitu saja. (Denythia)

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.